Hapsari, Novalina Eka (2011) Penerapan model pembeljaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Karangbesuki 01 Kecamatan sukun kota Malang / Novalina Eka Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran IPS Advance Organizer Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran IPS kelas IV SDN Karang Besuki 01 Malang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh SDN Karangbesuki I sehingga perlu dilakukan penelitian. Alternatif pemecahannya yaitu dengan menggunakan model advance organizer. Advance organizer adalah pola belajar mengajar yang dirancang untuk memperbaiki efektifitas prestasi efisiensi perilaku belajar sehingga siswa dapat menyerap mencerna dan mengingat bahan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran advance organizer pada matapelajaran IPS untuk siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 01 Kecamatan Sukun Kota Malang. (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 01 Kecamatan Sukun Kota Malang pada matapelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran advance organizer. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dalam bentuk guru sebagai peneliti. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Kancah dari penelitian ini yaitu di SDN Karangbesuki 01 Kecamatan Sukun Kota Malang. Subyek dari penelitian yaitu siswa kelas IV sebanyak 37 siswa yang terdiri dari 20 siswa dan 17 siswi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS terutama pada konsep koperasi. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil tes akhir siswa siklus I yaitu 65 89 siswa yang telah tuntas sebanyak 21 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 56 76%. Rata-rata hasil tes akhir siklus II yaitu 72 75 atau ketuntasan belajar klasikal mencapai 82 97%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangbesuki I pada matapelajaran IPS. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu (1) Sebaiknya guru menggunakan model advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi pokok koperasi (2) peneliti lain dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan model advance organizer untuk mengatasi masalah bagi siswa yang lambat belajar agar hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |