Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu

Rahayu, Murti (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar IPS model group investigation Hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Soso 03 di dapatkan kenyataan bahwa keberhasilan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV masih terdapat kekurangan. Kekurangannya terletak dari guru dalam pembelajarannya cenderung menggunakan metode ceramah. Selain itu buku yang sering digunakan dalam pembelajaran siswa yaitu buku paket siswa disini dalam mengerjakan soal melihat jawaban dari buku paket sehingga siswa tidak mendapat pengembangan materi. Hal ini membuat siswa kurang aktif dan pembelajaran tidak optimal berdampak pada hasil belajar siswa yang masih dibawah nilai ketuntasan individu (65%) dan nilai ketuntasan klasikal (80%). Siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan prosentase 37 5% siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa dengan prosentase 62 5%. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran model group investigation dalam pembelajaran IPS dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran model group investigation. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus. Masing-masing siklus memiliki tahapan penyusunan rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Soso 03 Gandusari dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan batas ketuntasan individu 65% dan ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari peningkatan yang diperoleh siswa pra tindakan rata-ratanya 61 2 dengan persentase 37 5% siklus I pertemuan 1 rata-ratanya 63 dengan persentase 50% pertemuan 2 rata-ratanya 67 dengan persentase 62 5% dan pertemuan 3 rata-ratanya 71 dengan presentase 68 75% siklus II pertemuan 1 rata-ratanya 77 dengan persentase 75% pertemuan 2 rata-ratanya 79 dengan persentase 8 25% dan pertemuan 3 rata-ratanya 92 dengan persentase 87 5%. Dari siklus I sampai dengan siklus II mencapai peningkatan sebesar 13% dari 16 siswa yang tuntas 14 siswa dan yang belum tuntas 2 siswa Karena mereka dari keluarga yang broken home dan memiliki latar belakang keluarga yang tidak berpendidikan sehingga kurang perhatian dalam belajar. selain itu motivasi dan keinginan untuk berprestasi kurang. Kesimpulannya bahwa dengan menerapkan model group investigation pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mengenal perkembangan teknologi produksi transportasi dan komunikasi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran group investigation baik pada mata pelajaran IPS maupun pada pembelajaran lainnya sehingga akan meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103632

Actions (login required)

View Item View Item