Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Prisma Ikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Prisma Ikawati

Ikawati, Prisma (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Prisma Ikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan hasil belajar PKn Pembelajaran Berbasis Masalah Pengamatan di SDN Karangrejo 02 kelas IV pada mata pelajaran PKn siswa belum memahami cara dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya belajar PKn merupakan belajar memecahkan suatu masalah. Oleh sebab itu pembelajaran PKn hendaknya mulai dengan pengenalan suatu masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Untuk menciptakan suatu pembelajaran yang sesuai dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk melatih memecahkan suatu permasalahan yaitu dengan menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV di SDN Karangrejo 02 Kabupaten Blitar (2) Apakah pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar PKn dalam kaitannya dengan upaya peningkatan pemahaman nilai moral siswa kelas IV di SDN Karangrejo 02 Kabupaten Blitar Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah pada kelas IV di SDN Karangrejo 02 Kabupaten Blitar. (2) Mendeskripsikan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Karangrejo 02 Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan desain penelitianya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini adalah kolaboratif dimana penulis bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang di bantu guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dalam memecahkan suatu masalah dan hasil belajar siswa. Rata-rata keterampilan dalam memecahkan masalah pada pra tindakan mencapai 11.4% meningkat menjadi 69.2% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 77%. Sedangkan hasil belajar yang di peroleh setelah kegiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar pada pra tindakan adalah 58.2% meningkat menjadi 73.37% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 80.4%. Sedangkan ketercapaian belajar secara klasikal pada pra tindakan 44% meningkat menjadi 66.7% dan pada siklus II meningkat menjadi 85.2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 Kabupaten Blitar. Dalam membelajarkan siswa guru disarankan menciptakan pembelajaran dengan menghadirkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103631

Actions (login required)

View Item View Item