Aprariensya, Ayuna Anggiafara (2017) The efectiviness of the "Snake and Ladders" game to improve students' mastery in producing the simple past tense sentences (a quasi-experimental research of the 8th grade student of SMP N 2 Pakisaji) / Ayuna Anggiafara Aprariensya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aprariensya Ayuna Anggiafara. 2017. Efek Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Kalimat Simple Past Tense (Penelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas 8 SMPN 2 Pakisaji). Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharyadi M.Pd (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata Kunci permainan ular tangga kalimat simple past tense keterampilan menulis Penelitian ini terfokus pada keefektifitasan permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat simple past tense. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah siswa yang diajarkan dengan menggunakan permainan ular tangga akan lebih baik dalam membuat kalimat simple past tense dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan dengan menggunakan permainan ular tangga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 2 Pakisaji tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini yaitu kelas 8-A sebagai kelompok kontrol dan kelas 8-C sebagai kelompok eksperimental. Kedua kelas tersebut terdiri dari 27 siswa. Terdapat 4 kali pertemuan selama eksperimen ini berlangsung. Sebelum eksperimen dilaksanakan pre-test diberikan kepada kedua kelompok tersebut. Post-test juga diberikan setelah eksperimen dilakukan. Data yang terdapat dalam pretest dianalisis dengan menggunakan t-test Independent Sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada skor rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kemudian data yang terdapat dalam post-test juga dianalisis dengan menggunakan t-test Independent Sample. Hasil penelitian menyatakan bahwa level signifikan yang diamati berada pada .001 yang berarti lebih kecil dari level signifikan .05 (.001 8804 .05) yang berarti bahwa null hypothesis ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti bahwa skor rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen dalam membuat kalimat simple past tense lebih tinggi secara signifikan daripada nilai rata-rata kelas kontrol. Dengan kata lain siswa yang diajarkan dengan menggunakan permainan ular tangga memiliki kemampuan yang lebih baik dalam membuat kalimat simple past tense dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan dengan permainan ular tangga. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan ular tangga cukup efektif dan mudah digunakan sebagai media belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat simple past tense.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |