Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani

Tulistiyani, Yuli (2011) Penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 kota Malang / Yuli Tulistiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci mind map aktivitas hasil belajar IPS SD Berdasarkan hasil tes pra tindakan yang peneliti lakukan di kelas IV SDN Pisang Candi 3 Kota Malang semua siswa nilainya di bawah rata-rata. Siswa kurang memahami materi koperasi karena pembelajaran yang diterapkan membuat siswa merasa bosan dan kurang bersemangat. Pembelajaran yang dilakukan guru yaitu dengan tanya jawab diberikan penjelasan dan mengerjakan LKS. Selain itu menurut penjelasan dari salah satu guru bahwa siswa kelas IV daya ingatnya kurang. Untuk itu dalam penelitian ini diterapkan teknik pembelaran mind map untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 Kota Malang (2) mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran mind map untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 Kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Pisang Candi 3 Kota Malang dengan prosedur penelitian menurut Kemmis MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi 4 tahapan diantaranya (1) perencanaan (2) tindakan dan observasi (3) refleksi dan (4) perbaikan rencana. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) pedoman observasi (2) pedoman wawancara (3) pedoman dokumentasi (4) soal-soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai aktivitas siswa mencapai prosentase ketuntasan klasikal 33 33% pada siklus I 88 89% pada siklus II. Begitu juga rata-rata klasikalnya dari 65 61 pada siklus I 79 22 pada siklus II. Sedangkan hasil belajar didapatkan prosentase ketuntasan klasikal 0% pada pra tindakan menjadi 22 22% pada siklus I 77 78% pada siklus II. Begitu juga rata-rata klasikalnya dari 13 67 pada pra tindakan menjadi 64 11 pada siklus I 75 61 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu teknik pembelajaran mind map dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Pisang Candi 3 Kota Malang. Saran yang diberikan yaitu hendaknya guru dapat (a) menerapkan teknik pembelajaran mind map sebagai variasi teknik pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran (b) memilih teknik pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam penyampaian materi pelajaran IPS (c) agar pengetahuan siswa dapat berkembang maka sebaiknya siswa diberikan tindak lanjut untuk membuat catatan dengan menggunakan teknik mind map untuk pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103629

Actions (login required)

View Item View Item