Penggunaan permainan tebak misteri untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Bareng 3 Malang / Lailaturrohmatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan tebak misteri untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Bareng 3 Malang / Lailaturrohmatin

Lailaturrohmatin (2011) Penggunaan permainan tebak misteri untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Bareng 3 Malang / Lailaturrohmatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis deskripsi permainan tebak misteri Dari hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Bareng 3 rendah hal ini dapat dilihat dari (1) hasil penilaian menulis yang dilaksanakan oleh guru selama pembelajaran (2) aktivitas pembelajaran terpusat pada guru (3) siswa belum mampu mendeskripsikan tentang benda atau manusia (4) guru juga kurang inovatif dalam memilih serta menggunakan metode (5) guru jarang menggunakan media yang ada. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru terutama menulis terkadang membuat siswa kesulitan dalam menangkap materi yang disampaikan. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan media dan cara mengajar guru. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi malas untuk menulis. Untuk itu perlu adanya media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa yaitu dengan menggunakan permainan tebak misteri. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan permainan tebak misteri untukmeningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Bareng 3 Malang dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Bareng 3 Malang dengan menggunakan permainan tebak misteri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Bareng 3 malang sebanyak 31 anak. Pelaksanaan PTK ini terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan lembar pengamatan kelompok lembar pengamatan individu. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu (1) reduksi data (2) paparan data (3) penyimpulan data. Kemampuan awala menulis deskripsi siswa rata-rata adalah 55. Setelah diberi tindakan pada siklus I rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswa menjadi 61. Dari pelaksanaan siklus I menunjukkan peningkatan rata-rata 6. Pelaksanaan siklus II menunjukkan rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswa meningkat menjadi 89. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 28. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan tebak misteri dengan memanfaatkan benda yang dibungkus dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa. Saran yang diberikan kepada guru dan peneliti lain adalah (1) guru hendaknya bisa menerapkan permainan tebak misteri pada pokok bahasan yang lain (2) peneliti lain hendaknya bisa mengelola kelas dengan baik agar bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin agar memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103627

Actions (login required)

View Item View Item