Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran cooperative integreted reading and composition siswa kelas IV MI Nurul Huda Ngadirejo kota Blitar / Ani Kristiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran cooperative integreted reading and composition siswa kelas IV MI Nurul Huda Ngadirejo kota Blitar / Ani Kristiana

Kristiana, Ani (2011) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran cooperative integreted reading and composition siswa kelas IV MI Nurul Huda Ngadirejo kota Blitar / Ani Kristiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis karangan narasi cooperative integreted reading and composition Sesuai dengan hasil temuan observasi lapangan di MI Nurul Huda Ngadirejo kota Blitar pada siswa kelas IV dimana rendahnya keterampilan menulis narasi disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang variatif. Hal inilah yang menyebabkan model pembelajaran menulis narasi menjadi monoton dan skhirnya siswa menjadi bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integreted Reading And Composition dalam pembelajaran menulis narasi dan peningkatan keterampilan menulis melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integreted Reading And Composition. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Teknik analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari data yang didapatkan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integreted Reading And Composition dapat berjalan baik dan dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi terbukti hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal dari 58% pada pratindakan menjadi menjadi 84% pada siklus I dan 87 5% pada siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integreted Reading And Composition berjalan baik dan dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran inovatif Cooperative Integreted Reading And Composition dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa. Selain itu guru juga harus aktif mencari informasi mengenai model pembelajaran inovatif yang lain agar menambah pengetahuannya mengenai model pembelajaran serta dapat memilih model pembelajaran yang sesuai untuk masalah pembelajaran yang sedang dihadapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103624

Actions (login required)

View Item View Item