Agustina, Vita Dwi (2011) Penerpan model numbered head together untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Pasanggrahan 02 kota Batu / Vita Dwi Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Numbered Head Together (NHT) Kemampuan Membaca Pemahaman Sekolah Dasar (SD) Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Hal ini disebabkan karena model pembelajarannya yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar masih bersifat konvensional dan teacher centered. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan model NHT untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Penelitian ini dilakukan di SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu dengan subyek penelitian siswa kelas IV sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Hal ini ditandai pada kegiatan diskusi kelompok yang menggunakan model NHT pada tahap berpikir bersama dan pemberian jawaban siswa aktif dan berani dalam mengemukakan pendapatnya baik ketika diskusi dengan anggota kelompoknya maupun pemberian jawaban dengan adanya presentasi siswa di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal mengalami peningkatan. Pada pra tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 40% (6 siswa) dari jumlah keseluruhan (16 siswa) peningkatan mencapai 33 33% pada siklus I yaitu ketuntasan belajar klasikal mencapai 73 33% (11 siswa) dan siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 100% artinya prosentase peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal siswa kelas IV SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu dari tahap pra tindakan sampai siklus II mencapai 60% yaitu 10 siswa mengalami peningkatan kemampuan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Pesanggrahan 0 Kota Batu oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan model Numbered Head Together pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada kemampuan membaca pemahaman. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan untuk mata pelajaran lain agar pembelajaran menjadi bervariasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |