Penerapan teori bruner untuk meningkatkan hasil belajar keliling bangun datar pada siswa kelas III SDN Kauman 3 Malang / Cholilatuz Zahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teori bruner untuk meningkatkan hasil belajar keliling bangun datar pada siswa kelas III SDN Kauman 3 Malang / Cholilatuz Zahroh

Zahrah, Cholilatuz (2011) Penerapan teori bruner untuk meningkatkan hasil belajar keliling bangun datar pada siswa kelas III SDN Kauman 3 Malang / Cholilatuz Zahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci teori bruner hasil belajar Matematika SD. Hasil tes awal siswa kelas III SDN Kauman 3 Malang sebelum menerapkan teori Bruner pada keliling bangun datar secara keseluruhan nilai rata-rata kelas adalah 48 65 dan hanya 8 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) individu sehingga KKM Klasikal sebesar 21 62%. Hal tersebut disebabkan perbedaan karakteristik siswa kelas III SD pada mata pelajaran matematika belum mendapat perhatian dari guru. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada keliling bangun datar yaitu dengan menerapkan teori Bruner. Teori Bruner merupakan teori yang mampu menjebatanperbedaan karakteristik siswa yang berada pada tahap operasional konkret dengankarakteristik matematika yang bersifat abstrak. Terdapat tiga tahapan pada teori Bruner yaitu (1) tahap enaktif (2) tahap ikonik dan (3) tahap simbolik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan teori Bruner dalam pembelajaran keliling bangun datar pada siswa kelas III SDN Kauman 3 Malang. Selain itu mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan teori Bruner untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar keliling bangun datar siswa kelas III SDN Kauman 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas III dan seluruh siswa kelas III SDN Kauman 3 Malang. Adapun prosedur dalam penelitian ini yaitu (1) Perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi dan Evaluasi (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa (1) pedoman observasi (2) pedoman wawancara (3) pedoman dokumentasi (4) LKS(5) soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan teori Bruner dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata kelas keaktifan siswa dari siklus I dengan nilai 55 81 ke siklus II dengan nilai 75 40 sebesar 19 59%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan dengan nilai 49 15 meningkat menjadi 60 42 dan pada siklus II meningkat menjadi 75 20 dengan persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus I sebesar 11 27% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 14 78% sehingga persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus II sebesar 26 25 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103622

Actions (login required)

View Item View Item