Meningkatkan keterampilan menulis berita melalui menyimak rekaman berita radio di kelas V SDN Kamulan 02 Kabupaten Blitar / Novialita Angga Wiratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menulis berita melalui menyimak rekaman berita radio di kelas V SDN Kamulan 02 Kabupaten Blitar / Novialita Angga Wiratama

Wiratama, Novialita Angga (2011) Meningkatkan keterampilan menulis berita melalui menyimak rekaman berita radio di kelas V SDN Kamulan 02 Kabupaten Blitar / Novialita Angga Wiratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis media rekaman berita hasil belajar. Hasil observasi pembelajaran bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis kelas V di SDN Kamulan 02 tahun ajaran 2010/2011 terdapat beberapa kekurangan. Guru hanya menggunakan metode ceramah tidak menggunakan media sehingga siswa kurang berminat dan tidak aktif dalam pembelajaran. Setelah pembelajaran selesai siswa mengumpulkan hasil pekerjaan di meja guru untuk dinilai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media rekaman berita radio dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis berita dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis melalui Menyimak rekaman berita di radio siswa kelas V di SDN Kamulan 02 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Langkah-langkah penelitian berupa perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan penerapan media rekaman berita radio diperoleh peningkatan keterampilan menulis berita pada siswa di kelas V. Peningkatan hasil belajar dari pratindakan siklus I ke siklus II sebagai berikut. Pada pra tindakan rata-rata nilai kelas 59 dengan persentase 40%. Siklus I mengalami peningkatan adalah 68 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 60%. Siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa sebesar 76 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia keterampilan menulis setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media rekaman berita radio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103620

Actions (login required)

View Item View Item