Penerapan permainan scrabble untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sukolilo no. 250 Kecamatan Bulak Surabaya / Nur Hijratul Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan scrabble untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sukolilo no. 250 Kecamatan Bulak Surabaya / Nur Hijratul Laili

Laili, Nur Hijratul (2011) Penerapan permainan scrabble untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Sukolilo no. 250 Kecamatan Bulak Surabaya / Nur Hijratul Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penerapan permainan scrabble penguasaan kosakata SD Manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk sosial yang hidup dalam masyarakat dan saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan demikian kehidupan masyarakat dibangun atas dasar komunikasi diantara anggotanya. Bahasa sebagai alat komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Dengan bahasa manusia dapat saling mengungkapkan pikiran dan perasaannya serta maksud yang diinginkan. Pembelajaran bahasa mamiliki empat aspek yang meliputi berbicara menulis menyimak dan membaca. Dalam hal ini bahasa yang digunakan bukan bahasa yang seenaknya sendiri tanpa mematuhi norma kebahasaan namun bahasa yang sesuai dengan etika berbahasa. Dengan demikian pembendaharaan kata (kosakata) yang dimiliki siswa hendaknya ditambah sehingga dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Berkaitan dengan itu maka diperlukan adanya pembahasan tentang pembelajaran kosakata bahasa Indonesia. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan scrabble untuk meningkatkan kosakata bahasa Indonesia dan seberapa besar peningkatan penguasaan kosakata siswa yang menggunakan permainan scrabble dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran konkret mengenai penggunaan media scrabble dan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai peningkatan penguasaan kosakata dengan menerapkan media permainan scrabble. Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemis Taggart. Langkah PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukolilo No. 250 Surabaya dengan jumlah siswa 22 anak. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Penerapan permainan scrabble adalah untuk menemukan kosakata baru kemudian mencari makna dari kosakata tersebut setelah itu kata yang telah dimengerti maknanya disusun menjadi sebuah kaliamt sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata refleksi awal pada pra kegiatan 37 27 menjadi 56 58 pada siklus I. Begitu pula rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus II sebesar 67 89. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan penguasaan kosakata secara bertahap pada siswa kelas IV SDN Sukolilo No. 250 surabaya. Berdasarkan simpulan diatas penulis memberikan saran agar dapat dipertimbangkan penerapan permainan scrabble dalam pembelajaran kosakata lebih mempersiapkan metode dan teknik pengajaran yang bervariasi dan menyesuaikan kemampuan siswa dalam penguasaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103619

Actions (login required)

View Item View Item