Peningkatan keterampilan bercerita pada siswa kelas III menggunakan media big book di SDN Jatimulyo 1 Malang / Nevia Rachmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan bercerita pada siswa kelas III menggunakan media big book di SDN Jatimulyo 1 Malang / Nevia Rachmadani

Rachmadani, Nevina (2011) Peningkatan keterampilan bercerita pada siswa kelas III menggunakan media big book di SDN Jatimulyo 1 Malang / Nevia Rachmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keterampilan Bercerita Media Big Book Salah satu jenis kegiatan berbicara adalah keterampilan bercerita. Berdasarkan hasil observasi dengan melakukan wawancara bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Jatimulyo 1 Malang dalam keterampilan bercerita selama ini siswa cenderung (1) kurang berani bercerita di depan umum (2) merasa takut malu-malu dan kurang percaya diri bila ditunjuk untuk bercerita di depan kelas (3) menggunakan kata-kata yang kurang menarik saat bercerita (4) tidak menguasai bahan cerita (5) menggunakan media pembelajaran yang kurang menarik. Fenomena seperti ini merupakan permasalahan yang perlu segera ditemukan alternatif pemecahannya. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pemecahan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran keterampilan bercerita menggunakan media big book. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan penggunaan media big book dalam kompetensi bercerita siswa kelas III SDN Jatimulyo 1 Malang (2) peningkatan proses belajar siswa kelas III SDN Jatimulyo 1 Malang dalam bercerita dengan menggunakan media big book (3) peningkatan keterampilan bercerita siswa kelas III SDN Jatimulyo 1 Malang dalam mengikuti pembelajaran bercerita menggunakan media big book. Subyek dari penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki yang salah satu diantaranya merupakan anak berkebutuhan khusus dengan tipe hiperaktif dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Pelaksanaan PTK meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk memperoleh gambaran hasil pembelajaran bercerita menggunakan media big book. Data melalui teknik nontes dilakukan dengan cara observasi wawancara dokumentasi foto dan dokumentasi rekaman video. Penerapan penggunaan media big book dalam kompetensi bercerita siswa kelas III SDN Jatimulyo 1 Malang dapat mengubah mental fisik siswa dalam belajar sehingga lebih bersemangat dan dirasa siswa mudah meskipun terkadang mereka masih merasa kesulitan ketika harus berkespresi sesuai dengan tingkah laku tokoh yang ada pada cerita sedangkan untuk hasilnya sendiri menunjukkan peningkatan terhadap proses dan hasil belajar. Peningkatan proses belajar dapat dilihat dari perilaku siswa pada siklus I ke siklus II. Perilaku siswa yang tadinya masih merasa ragu-ragu dan malu pada siklus I mengalami perubahan pada siklus II dengan mulai berani tampil bercerita di depan dengan percaya diri. Sedangkan untuk hasil belajar siswa terbukti dari nilai rata-rata secara klasikal siklus I ke silus II yang meningkat sebesar 15 8%. Pada siklus I nilai rata-rata secara klasikal yang diperoleh siswa sebesar 52 5% sedangkan pada siklus II sebesar 68 3%. Peningkatan nilai tes keterampilan bercerita ini meliputi enam aspek keterampilan bercerita yang dijadikan kriteria penilaian. Dari keenam aspek keterampilan bercerita tersebut yang mengalami peningkatan tertinggi yaitu aspek volume suara peningkatan ini disebabkan oleh rasa percaya diri siswa yang baik video yang peneliti tayangkan pengalaman bercerita pada siklus I berlatih olah vocal dan suasana yang kondusif selama proses bercerita berlangsung sedangkan aspek yang terendah peningkatannya adalah aspek penguasaan topik. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD adalah untuk Kepala Sekolah yang berperan dalam hal pengadaan sarana yaitu dengan menyediakan big book. Bagi guru hendaknya mencoba menggunakan media big book sebagai variasi media pembelajaran bercerita agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran khususnya kegiatan berbicara dengan kompetensi dasar yang berbeda. Bagi peneliti yang lain mengingat pada penelitian ini masih terdapat kekurangan diantaranya belum bisa menuntaskan hasil belajar siswa seluruhnya maka saran bagi peneliti selanjutnya supaya menggunakan big book yang isi teksnya lebih singkat tidak terlalu panjang dan jelas dalam arti tulisannya dengan ukuran besar sehingga dapat membantu siswa untuk lebih menguasai topik cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103618

Actions (login required)

View Item View Item