Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester II SDN Merjosari 1 Malang / Eka Setiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester II SDN Merjosari 1 Malang / Eka Setiawati

Setiawati, Eka (2011) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester II SDN Merjosari 1 Malang / Eka Setiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kontekstual Aktivitas belajar Hasil belajar Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang menekankan pada pengalaman sesungguhnya. Pembelajaran yang dilaksanakan berorientasi pada konteks kehidupan nyata sehingga siswa mampu menemukan makna dari belajar itu sendiri. Hasil pengamatan awal menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam mengajar karena dianggap lebih mudah untuk mengendalikan kelas. Pembelajaran yang terpusat pada guru menyebabkan pengalaman belajar menjadi kurang. Selain itu hasil belajar yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran IPA pada semester 1 yang dapat memenuhi SKM hanya berkisar antara 50%-60% dari seluruh jumlah siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas. Tujuan tersebut antara lain untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual peningkatan aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pengamatan pendahuluan dan tahap tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara tes tulis catatan lapangan serta dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA. Peningkatan ini ditunjukkan pada penilaian aktivitas siswa mencapai rata-rata 8 15 dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 9 05 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Kategori minimal yang ditetapkan adalah baik. Sedangkan pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan klasikal pada pemberian tes di akhir siklus I dan II adalah 42 8% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 56 7% dengan ketuntasan klasikal minimal yang ditetapkan adalah sebesar 55%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran ini layak dikembangkan. Dapat disarankan kepada para guru yang ingin mengadakan variasi pembelajaran dengan menggunakan model kontekstual agar pada saat pembentukan kelompok guru menunjuk seorang siswa sebagai penanggung jawab pada masing-masing kelompok. Hal tersebut bertujuan agar siswa dapat dengan mudah dikondisikan pada saat melakukan kegiatan di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103617

Actions (login required)

View Item View Item