Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Malang melalui model interaktif pada materi pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan / Sheyla Chrysti - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Malang melalui model interaktif pada materi pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan / Sheyla Chrysti

Chrysti, Sheyla (2011) Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Malang melalui model interaktif pada materi pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan / Sheyla Chrysti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model interaktif aktivitas belajar hasil belajar Model interaktif adalah suatu pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif melalui kegiatan tanya jawab. Pada hasil observasi awal ditemukan pengelolaan kegiatan tanya jawab yang kurang tertib dan secara keseluruhan siswa tidak ikut serta secara aktif karena didominasi oleh guru dalam kegaiatan. Hasil belajar siswa hanya 27 3% yang mencapai ketuntasan. KKM yang digunakan hanya 62. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1)penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan model interaktif di SDN karangbesuki 4 Malang (2)peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV dan (3)peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa penerapan pembelajaran model interaktif menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran interaktif aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi pengamatan aktivitas siswa hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi setiap pertemuan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara observasi catatan lapangan hasil belajar dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan model interaktif dapat memperbaiki perilaku belajar siswa terutama pada saat kegiatan tanya jawab berlangsung. Model interaktif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Karangbesuki 4 Malang. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai 8805 70 sejumlah 43 9% dengan rata-rata 66 65 pada siklus II aktivitas siswa mencapai 64% dengan rata-rata 77 1. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai 8805 70 mencapai 43 2% dengan rata-rata 62 4. Pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 61 6% dengan rata-rata 73. Berdasarkan hasil penelitian saran diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD adalah ketika akan melakukan percobaan sebaiknya media dibagikan kepada siswa agar kegiatan tetap berjalan dengan lancar dan tertib. Pada saat melakukan kegiatan evaluasi siswa harus belajar dengan teliti dalam waktu yang ditentukan agar perolehan nilai dapat mencapai maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103616

Actions (login required)

View Item View Item