Peningkatan kosakata siswa melalui model induktif kata bergambar di kelas 1 SDN Sedayu 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nina Rizki Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kosakata siswa melalui model induktif kata bergambar di kelas 1 SDN Sedayu 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nina Rizki Fauziah

Fauziah, Nina Rizki (2011) Peningkatan kosakata siswa melalui model induktif kata bergambar di kelas 1 SDN Sedayu 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nina Rizki Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model induktif kata bergambar kosakata SD. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas I SDN Sedayu 03 Turen pada waktu pembelajaran Bahasa Indonesia didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi siswa terlihat bosan pada saat pelajaran dan siswa membutuhkan waktu yang lama untuk melontarkan sebuah kata-kata. Dari nilai siswa pada saat dilaksanakan pra tindakan menunjukkan hasil belajar siswa yang tuntas hanya mencapai 37% dengan kualifikasi kurang baik sedangkan SKM yang ditentukan adalah 75 untuk hasil belajar. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model induktif kata bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model induktif kata bergambar yang dapat meningkatkan kosakata hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model induktif kata bergambar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Sedayu 03 Turen. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model induktif kata bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN Sedayu 03 Turen tentang peningkatan kosakata siswa dapat dilaksanakan dengan efektif. Hasil belajar siswa persentase jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum siklus I yaitu sebanyak 8 orang siswa (29 62%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar setelah tindakan pada siklus I pertemuan pertama 19 siswa (70 37%). Pada siklus I pertemuan kedua siswa yang tuntas belajar yaitu sebanyak 21 siswa (68 97%) maka terjadi peningkatan belajar sebesar (48 15%). Pada siklus II dilakukan beberapa koreksi dan perbaikan dengan bertolak dari hasil refleksi dan analisis siklus I. Jika ditinjau dari peningkatan belajar maka pada siklus II terjadi kenaikan peningkatan belajar. Peningkatan belajar siklus I setelah tindakan mencapai 68 97% meningkat menjadi 92 59% pada siklus II pertemuan pertama sedangkan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 85 18% dan jumlah siswa yang tuntas belajar yaitu sebanyak 4 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam melakukan model induktif kata bergambar seharusnya guru mempersiapkan rancangan dan media pembelajaran dengan baik selai itu persiapan pada saat pembelajaran berlangsung dan diusahakan memberikan penghargaan pada siswa untuk memacu keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103611

Actions (login required)

View Item View Item