Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul digital dan bukan modul digital pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Kasin MAlang / Luluk Tri Indrayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul digital dan bukan modul digital pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Kasin MAlang / Luluk Tri Indrayani

Indrayani, Luluk Tri (2011) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul digital dan bukan modul digital pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Kasin MAlang / Luluk Tri Indrayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal diperlukan perangkat pembelajaran yang salah satunya berbentuk media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret kepada siswa dan dapat meningkatkan keaktifan serta motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu jenis media pembelajaran yaitu modul digital. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan validitas modul digital yang digunakan dalam penelitian ini (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VA (kelas eksperimen) yang diajar menggunakan modul digital sebagai media pembelajaran pada materi bumi dan alam semesta di SDN Kasin Malang (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VB (kelas kontrol) yang diajar tanpa menggunakan modul digital sebagai media pembelajaran pada materi bumi dan alam semesta di SDN Kasin Malang (4) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran yang berupa modul digital jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran yang berupa modul digital. Kegiatan analisis dalam penelitian ini meliputi uji coba ahli media ahli materi dan uji coba test pada siswa. Subjek uji coba test dalam penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol SDN Kasin Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media dan ahli materi sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan instrumen berupa soal pre test agar dapat diketahui kemampuan awal dan post test untuk mengukur kemampuan akhir siswa. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran modul digital ini divalidasikan oleh ahli media sebanyak 2 orang dan ahli materi sebanyak 2 orang. Soal test diikuti oleh 68 siswa kelas V yang terdiri dari 39 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Setelah dianalisis diperoleh (1) hasil uji coba ahli media memperoleh hasil 92 5 % dan telah memenuhi kriteria valid hasil uji coba ahli materi memperoleh hasil 90% dan telah memenuhi kriteria valid (2) Skor rata-rata yang diperoleh dari kemampuan akhir kelompok eksperimen yaitu 75 26 yang berarti masuk dalam skala interval 69 81 dan termasuk dalam kriteria baik (3) skor rata-rata yang diperoleh dari kemampuan akhir kelompok kontrol yaitu 68 28 yang berarti masuk dalam skala interval 56 68 dan termasuk dalam kriteria cukup (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul digital dan bukan modul digital hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji t yang dilakukan pada nilai post test siswa kelas V. Selisih rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh angka sebesar 7 837055.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103610

Actions (login required)

View Item View Item