Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Sedayu 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Ana Najmatul La'ali, - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Sedayu 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Ana Najmatul La'ali,

La'ali, Ana Najmatul (2011) Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Sedayu 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Ana Najmatul La'ali,. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran IPA Model Think Pair Share Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas V SDN Sedayu 03 Turen pada waktu pembelajaran IPA didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang variatif siswa terlihat kurang bersemangat dan tidak ekspresif. Kenyataan ini didukung oleh kurangnaya aktivitas siswa sehingga pemahaman siswa pada materi Sifat-sifat cahaya kurang maksimal. Hasil dari pre-test yang diberikan pada 36 siswa menunjukkan bahwa hanya ada 6 siswa (17%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan 75 00. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Think Pair Share untuk meningkatkan pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model Think Pair Share (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sedayu 03 Turen. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi Sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Sedayu 03 Turen. Penerapan model berturut-turut dari siklus I pertemuan ke-1 sampai siklus II pertemuan ke-2 memperoleh skor 30 atau 75% 35 atau 87 5% 37 atau 92 5% 38 atau 95% dari skor maksimal keberhasilan model. Kedua aktivitas siswa kelas V dalam belajar IPA materi Sifat-sifat cahaya meningkat ketika diterapkan model Think Pair Share. Siswa yang mendapat kriteria aktif berturut-turut dari siklus I pertemuan ke-1 sampai siklus II pertemuan ke-2 sebanyak 16 siswa atau 44% 25 siswa atau 69% 29 siswa atau 81% dan 31 siswa atau 86%. Ketiga hasil belajar siswa kelas V dalam belajar IPA materi Sifat-sifat cahaya meningkat setelah diterapkan model Think Pair Share. Siswa yang mendapat kriteria tuntas belajar berturut-turut dari siklus I pertemuan ke-1 sampai siklus II pertemuan ke-2 sebanyak 25 siswa atau 69% 21 siswa atau 58% 27 siswa atau 75% dan 32 siswa atau 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Sedayu 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Dengan demikian dapat disarankan dalam melakukan model pembelajaran Think Pair Share guru harus melakukan persiapan yang matang khususnya pada kelas yang jumlah siswanya banyak tujuannya untuk menghindari kekacauan dalam pengelolaan kelas memberikan reward/ hadiah untuk memacu keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103609

Actions (login required)

View Item View Item