Penerapan permainan kooperatif untuk meningkatkan kmampuan sosial emosional anak TK Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Sengkaling / Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan kooperatif untuk meningkatkan kmampuan sosial emosional anak TK Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Sengkaling / Sulistyowati

Sulistyowati (2011) Penerapan permainan kooperatif untuk meningkatkan kmampuan sosial emosional anak TK Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Sengkaling / Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Permainan Kooperatif Kemampuan sosial emosional Emosional Anak TK Dari hasil observasi di TK Dharma Wanita Persatuan Sengkaling diketahui adanya permasalahan tentang rendahnya kemampuan sosial emosional anak TK Kelompok A yang meliputi 1) kurangnya kemandirian anak dari 35 anak yang ada 14 anak juga masih sering minta ditunggu di dalam kelas dan kalau ditinggal keluar masih menangis mencari ibunya atau pengasuhnya 2) kurangnya rasa percaya diri dan keberanian anak dari 35 anak hanya 10 anak yang berani ke depan untuk bercerita kepada teman-temannya 3) belum mau berbagi dengan teman dan masih sering berebut mainan dengan teman 4) kurangnya antusiasme dalam mengikuti kegiatan dan permainan ogah-ogahan dan kurang semangat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan sosial emosional anak TK Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Sengkaling melalui penerapan permainan kooperatif yang dilaksanakan dengan cara membentuk kelompok kelompok kecil dalam kelas secara heterogen agar interaksi sosial anak lebih banyak. Penelitian dilakukan bersiklus dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan MC Taggart (1990). Setiap siklusnya dua kali pertemuan. Subyek penelitiannya adalah anak TK kelompok A yang berusia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Sengkaling Kecamatan Dau Kabupaten Malang sejumlah 35 anak. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan peneliti menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam melakukan analisa data temuan penelitian peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif. Hasil analisa data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Pertama pada skor awal kemampuan sosial emosional anak hanya 394 poin (70%) setelah dilakukan tindakan pada Siklus I meningkat sebesar 473 poin (84 %) dilanjutkan dengan siklus ke II juga meningkat menjadi 516 poin (92 1 %). Hal ini membuktikan bahwa permainan yang dilakukan bersama teman yang lain membuat anak-anak merasa senang dan berani untuk melakukan kegi atan sendiri dan tidak tergantung kepada ibunya. Kedua kemampuan sosial emosional anak dalam kemandirian dan bekerjasama dengan temannya menjadi lebih meningkat. Ketiga menambah kepercayaan diri anak yang dibuktikan dengan komunikasi yang terjalin semakin baik dan yang keempat karena interaksi dengan temannya semakin banyak dan komunikasinya juga semakin baik membuat antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan dan permainan juga meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode permainan kooperatif efektif untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sengkaling Dau Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan tersebut disarankan guru melakukan pembelajaran dengan penerapan permainan kooperatif agar kemampuan sosial emosional anak lebih optimal khususnya pada indikator kemandirian keberanian kepercayaan diri dan kemauan berbagi dengan teman serta antusiasme terhadap kegiatan dan permainan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103608

Actions (login required)

View Item View Item