Peningkatan kemampuan menulis tegak bersambung melalui media lembar balik kelas II Mi Miftahul Ulum Kejayan Pasuruan / Tri Widiastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis tegak bersambung melalui media lembar balik kelas II Mi Miftahul Ulum Kejayan Pasuruan / Tri Widiastuti

Widiastuti, Tri (2011) Peningkatan kemampuan menulis tegak bersambung melalui media lembar balik kelas II Mi Miftahul Ulum Kejayan Pasuruan / Tri Widiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media lembar balik menulis tegak bersambumg Sekolah Dasar. Menulis merupakan ketrampilan berbahasa yang produktif dan ekspresif arena penulis harus trampil menggunakan grafologi struktur bahasa dan memiliki pengetahuan bahasa yang memadai. Permasalahan yang terjadi dikelas adalah siswa belum mampu menulis tegak bersambung yang baik dan benar sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu peningkatan hasil belajar menulis tegak bersambung siswa kelas II MI Miftahul Ulum Kejayan yang mencakup kelengkapan tulisan kerapian tulisan tebal tipisnya huruf pemakaian huruf kapital. Penelitian menerapkan penggunaan media lembar balik dengan tujuan (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Miftahul Ulum Kejayan Kabupaten Pasuruan (2) Untuk mendiskripsikan media lembar balik dapat peningkatan kemampuan menulis tegak bersambung dikelas II MI Miftahul Ulum Kejayan Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Miftahul Ulum Kejayan Kabupaten Pasuruan dengan jumlah 10 siswa. Adapun pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus setiap siklus terdiri dari (1) Penggunaan media lembar balik dalam pembelajaran menulis tegak bersambung (2) Hasil belajar dalam pembelajaran menulis tegak bersambung (3) Hasil analisis (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media lembar balik mengalami peningkatan dari 43% pada pra tindakan menjadi 53 8%pada silkus I. Selanjutnya menjadi 83 6% pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah penbelajaran dengan menggunakan media lembar balik. Hal ini disimpulkan bahwa penggunaan media lembar balik telah berhasil meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung siswa. Dari hasil penelitian ini diharapan guru menerapkan pembelajaran dengan media lembar balik dalam mengajarkan matapelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis tegak bersambung. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan media lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103607

Actions (login required)

View Item View Item