Penerapan model inductive thinking dengan menggunakan kliping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 kota Malang / Nirmala Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model inductive thinking dengan menggunakan kliping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 kota Malang / Nirmala Puspita Sari

Sari, Nirmala Puspita (2011) Penerapan model inductive thinking dengan menggunakan kliping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 kota Malang / Nirmala Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Inductive Thinking Aktivitas Hasil Belajar PKn Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran PKn kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang terdapat permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran PKn. Siswa tidak diberikan kesempatan untuk mencari sumber sendiri yang berkaitan dengan materi pelajaran PKn. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pratindakan yaitu 40 38 jauh dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan 69. Oleh karena itu peneliti menerapkan model inductive thinking dengan menggunakan kliping untuk mengatasi permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)penerapan model Inductive Thinking dengan menggunakan kliping dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada materi Kebebasan Berorganisasi siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Kota Malang. (2)penerapan model Inductive Thinking dengan menggunakan kliping dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn pada materi Kebebasan Berorganisasi siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Kota Malang. (3)penerapan model Inductive Thinking dengan menggunakan kliping dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi Kebebasan Berorganisasi siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Kota Malang. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar siswa meningkat. Prosedur tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dari penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes tulis wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan dengan menerapkan model inductive thinking menggunakan kliping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi pokok Kebebasan Berorganisasi siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang. Aktivitas belajar siswa dilihat dari prosentase dari siklus I yaitu 85% meningkat menjadi 94 5% di siklus II. Hasil belajar siswa yang dapat di tunjukkan dari adanya peningkatan pada pratindakan nilai rata-rata 40 38 meningkat menjadi 57 48 di siklus I dan siklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 82. Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan model inductive thinking dalam pembelajaran khususnya PKn. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103606

Actions (login required)

View Item View Item