Penerapan model sinektik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang / Suhartini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model sinektik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang / Suhartini

Suhartini (2011) Penerapan model sinektik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang / Suhartini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Sinektik IPS SD Aktivitas dan Hasil Belajar Berdasarkan observasi di kelas V diketahui bahwa terdapat permasalahan aktivitas dan hasil belajar IPS yang masih kurang optimal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Sinektik pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang mendeskripsikan penerapan model Sinektik pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang. Penelitian ini menggunakan model Siklus PTK Kemmis dan MC. Taggart dengan 2 siklus yang tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dimana tiap pertemuan lamanya 3x35 menit dengan standar nilai kelulusan minimal 60. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan tindakan (planning) pelaksanaan tindakan dan observasi (acting and observing) refleksi (reflecting) dan revisi (revise). Tehnik pengumpulan data penilaian ini adalah Observasi Tes Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan mulai akhir bulan Maret sampai pertengahan bulan April. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Sinektik pada pembelajaran IPS rata-rata hasil belajar siswa siklus I dan siklus II meningkat dari 52 9 menjadi 75 89. Sedangkan rata-rata nilai aktivitas siswa siklus I dan siklus II meningkat dari 62 9 menjadi 78 85. Ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus I dan II juga mengalami peningkatan dari 23 1% menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru pada pembelajaran IPS hendaknya menggunakan pembelajaran yang bervariasi yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.Pada penerapan model Sinektik mengalami kendala yaitu pada awal penerapan siswa masih bingung dengan prosedur pembelajaran sinektik karena masih asing bagi siswa. Untuk mengatasi kendala tersebut diharapkan guru memberikan penjelasan kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai sampai siswa mengerti sehingga pembelajaran dapat berjalan optimal. Berdasarkan paparan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Sinektik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mengenai materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui analogi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103605

Actions (login required)

View Item View Item