Penerapan SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Ketawanggede 2 MAlang / Fitri Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Ketawanggede 2 MAlang / Fitri Setyorini

Setyorini, Fitri (2011) Penerapan SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Ketawanggede 2 MAlang / Fitri Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode SQ3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia salah satu faktor pendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia salah satu penyebabnya karena kemampuan membaca mereka dalam memahami bacaan yang masih rendah. Bahasa Indonesia sering dianggap mudah padahal ppada kenyataannya kemampuan memahami bacaan masih kurang terutama dalam menyelesaikan soal yang disertai dengan bacaan. Peneliti berpendapat bahwa dengan menerapkan metode SQ3R (Survey Question Read Recite Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan SQ3R (Survey Question Read Recite Review) pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Ketawanggede 2 (2) hasil kemampuan membaca pemahaman setelah menerapkan metode SQ3R (Survey Question Read Recite Review) di kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang. Subyek dari penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK terdiri dari 2 siklus. Instrument yang digunakan adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Tehnik analisis yang dipakai rata-rata dan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan SQ3R (Survey Question Read Recite Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang dengan menerapkan metode SQ3R memberikan dampak positif bagi siswa. Hal tersebut antara lain memudahkan pemahaman siswa membaca isi bacaan perbendaharaan kosa kata bahasa Indonesia siswa bertambah lebih terampil merangkai kata dalam kalimat mampu mengerjakan evaluasi dengan benar menjawab pertanyaan guru dan mampu menceritakan kembali isi bacaan. (2) Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang melalui penerapan SQ3R (Survey Question Read Recite Review) mengalami peningkatan yaitu dari peningkatan pada pratindakan hasil belajar siswa terdapat 4 siswa yang berkualifikasi sangat baik 12 siswa mendapat kualifikasi baik dan 10 siswa dengan kualifikasi cukup. Kemudian pada siklus I meningkat yaitu terdapat 7 siswa berkualifikasi sangat baik 13 siswa mendapat kualifikasi baik 6 siswa dengan kualifikasi cukup. Pada siklus II berdasarkan standar kualifikasi penilaian terdapat 14 siswa yaitu 53 8% siswa dengan kriteria sangat baik dan sisanya 12 siswa yaitu 46 2% siswa dengan kriteria baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini (1) penerapan SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V yaitu memudahkan pemahaman siswa membaca isi bacaan perbendaharaan kosa kata bahasa Indonesia siswa bertambah lebih terampil merangkai kata dalam kalimat mampu mengerjakan evaluasi dengan benar menjawab pertanyaan guru dan mampu menceritakan kembali isi bacaan (2) telah terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Ketawanggede 2 Malang yang ditunjukkan dari kualifikasi siklus I yaitu 7 siswa mendapatkan kriteria sangat baik 13 siswa mendapatkan kriteria baik 6 siswa mendapatkan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 53 8% siswa mendapatkan kriteria sangat baik dan 46 2% siswa mendapatkan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Kepala Sekolah hendaknya memotivasi dan mengarahkan guru agar lebih terfokus dalam peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa yang salah satunya dapat dilakukan dengan menerapkan metode SQ3R (Survey Question Read Recite Review) (2) guru bahasa Indonesia agar dalam kegiatan pembelajaran hendaknya dapat menggunakan pembelajaran dengan metode SQ3R(Survey Question Read Recite Review) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa (3) peneliti yang lain untuk mencoba mengembangkan penelitian lanjutan menggunakan metode SQ3R yang mencakup jenis-jenis membaca lain karena penelitian ini masih terbatas pada membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103603

Actions (login required)

View Item View Item