Verdiantika, Novita (2011) Penerapan model pembelajaran controversial issues untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB di SDN Kasin kota MAlang / Novita Verdiantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran Controversial Issues motivasi belajar hasil belajar IPS Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPS yang dilakukan peneliti di kelas IVB SDN Kasin Kota Malang menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar siswa masih rendah sebesar 55 96% sehingga belum mencapai KKM yang ditentukan oleh SDN Kasin Kota Malang yaitu 76 pada mata pelajaran IPS. Rendahnya motivasi ditunjukkan pada kurangnya keaktifan siswa pada saat kegiatan pembelajaran. Untuk memecahkan permasalahan tersebut proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Controversial Issues dimana materi pelajaran berupa isu-isu kontroversial yang terkait dengan kehidupan lingkungan sekitar siswa akan lebih membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Sehingga siswa akan termotivasi dalam belajarnya dan akan meningkatkan hasil belajarnya pula. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif jenis penelitiannya kualitatif sedangkan rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan M.CTaggart. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 taap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dan observasi tindakan refleksi tindakan dan perbaikan rencana. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Kasin Kota Malang sebanyak 47 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Controversial Issues pada pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kasin Kota Malang. Hal ini dilihat dari perolehan observasi tentang motivasi dan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Hasil rata-rata motivasi siswa pada siklus I sebesar 59 37 % dan pada siklus II menjadi 81 7%. Sementara untuk hasil belajar siswa ketuntasan pada siklus I sebesar 69 66% dan ketuntasan pada siklus II meningkat menjadi 81 3%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Controversial Issues dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kasin Kota Malang pada mata pelajaran IPS. Selain itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Controversial Issues sebaiknya menyajikan isu-isu kontroversial yang mudah dipahami siswa kemudian isu-isu yang berbeda dan menarik. Hal ini bertujuan agar siswa lebih berminat dan termotivasi untuk membahas isu-isu kontroversial tersebut. Selain itu sebaiknya menggunakan media dan sumber belajar yang berhubungan dengan materi agar siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi yang sedang dipelajarinya. Sumber belajar yang digunakan tidak hanya dari buku penunjang tetapi bisa dengan menggunakan media elektronik maupun media cetak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |