Peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IV MI. Darul Ulum Gondangwetan Kabupaten Pasuruan melalui pembelajaran model jigsaw / Samsul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IV MI. Darul Ulum Gondangwetan Kabupaten Pasuruan melalui pembelajaran model jigsaw / Samsul Arifin

Arifin, Samsul (2011) Peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IV MI. Darul Ulum Gondangwetan Kabupaten Pasuruan melalui pembelajaran model jigsaw / Samsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan Berbicara Pembelajaran Model Jigsaw Hasil belajar. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yaitu dengan cara memperbaiki proses belajar mengajar. Salah satu yang memegang peranan penting dalam memperbaiki proses belajar mengajar adalah guru. Seorang guru yang profesional dituntut untuk dapat menampilkan keahliannya sebagai guru di depan kelas.Bahasa Indonesia berperan sebagai alat untuk mempersatukan keberagaman bahasa adat istiadat suku dan budaya. Bertolak dari hal tersebut siswa diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa MI. Darul Ulum Gondangwetan Pasuruan belum mampu mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70 ketuntasan individu. Hal ini terbukti dari nilai-nilai UAS (ujian akhir semester) tahun ajaran 2009/2010 dengan rata-rata 5 8. Permasalahan yang terjadi di kelas IV adalah rendahnya hasil belajar siswa. Sebagai dasar pijakan berfikir. Teori-teori yang peneliti dikelompokkan dalam Pembelajaran Bahasa Pembelajaran Berbicara Metode Pembelajaran Model Jigsaw di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran model Jigsaw yaitu model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif sub kuantitatif. Bahasa merupakan rangkaian bunyi yang melambangkan pikiran perasaan serta sikap. Jadi bahasa ialah lambang Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran model Jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI. Darul Ulum Gondangwetan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dari hasil yang diperoleh siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil tes mulai dari pre tes (59 75) dengan prosentase (40%) meningkat siklus I (68 15) dengan prosentase (60%) dan meningkat lagi siklus II (72 5) dengan prosentase (80%) yang terus mengalami peningkatan. Saran yang disampaikan kepada guru yaitu lebih profesional dalam menjalankan tugas mengajar untuk merangsang minat belajar siswanya serta melibatkannya secara utuh dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103601

Actions (login required)

View Item View Item