Pebelajaran konseptual dan prosedural untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN Kasin Malang / Aulia Eva - Repositori Universitas Negeri Malang

Pebelajaran konseptual dan prosedural untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN Kasin Malang / Aulia Eva

Mardiana, Aulia Eva (2011) Pebelajaran konseptual dan prosedural untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN Kasin Malang / Aulia Eva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran konseptual pembelajaran prosedural penjumlahan pecahan. Hasil observasi pada awal Februari tahun 2011 yang dilakukan peneliti di SDN Kasin Malang serta berdasarkan hasil belajar siswa sebelumnya ditemukan kondisi tentang hasil belajar siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran Matematika pada materi perkalian. Perkalian merupakan prasyarat untuk dapat melakukan operasi penjumlahan pecahan. Untuk dapat melakukan operasi penjumlahan pecahan siswa harus menguasai perkalian. Pada proses pembelajaran siswa cenderung kesulitan untuk mengalikan bilangan. Oleh krena itu peneliti mencoba memperbaiki hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konseptual dan prosedural pada materi penjumlahan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran matematika kelas IV pada materi penjumlahan pecahan setelah menerapkan pembelajaran konseptual dan prosedural. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada pembelajaran matematika yang diselenggarakan di semester genap. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kasin Malang tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan test. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan pada siklus I sebesar 83 33 % dan ketuntasan pada siklus II meningkat menjadi 84 61 % peningkatan disini sebesar 0 77%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menggunakan pembelajaran konseptual dan prosedural untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan penelitian ini dapat dijadikan langkah awal untuk penelitian lebih lanjut. Penelitian selanjutnya diharapakan bisa lebih bervariatif kegiatan yang dilakukan siswa sehingga kegiatan siswa menemukan sendiri suatu konsep dan prosedur pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103600

Actions (login required)

View Item View Item