The effect of test item presentation of a multiple-choice and essay of a reading test on students' score / Fathim Hamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of test item presentation of a multiple-choice and essay of a reading test on students' score / Fathim Hamidah

Hamidah, Fathim (2017) The effect of test item presentation of a multiple-choice and essay of a reading test on students' score / Fathim Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fathim H . 2017. The Effect of Item Presentation of a Multiple-Choice and Essay Type of a Reading Test on Students Score.Skripsi JurusanSastraInggris UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi H. Sulistyo M.A. (II) Prof. Dr. NurMukminatien M.Pd. Kata kunci multiple-choice essay reading test item presentation score Tes bahasa Inggris yang sudah diketahui sejak lama telah digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris siswa disajikan dalam bentuk pilihan ganda misalnya tes di National Examination (NE). Tapi disarankan untuk menggunakan tes esai untuk mengetahui kemampuan siswa daripada menggunakan pilihan ganda karena esai memungkinkan kebebasan siswa untuk menjawab pertanyaan. Ini bisa diaplikasikan dalam tes baca. Dalam kegiatan membaca pembaca perlu memiliki kemampuan dalam memahami teks. Dalam melakukan tes baca Siswa perlu mengikuti urutan logis sehingga mereka bisa menjawab pertanyaan. Hal ini diyakini bahwa ketika siswa mengikuti urutan logis mereka akan dapat menjawab pertanyaan apapun bagaimana susunan tes ini. Tapi presentasi yang berbeda dari item tes yang telah digunakan juga dapat dikatakan bahwa seorang kandidat yang dapat melakukan tes dengan baik meskipun ada organisasi item telah menguasai materi dalam ujian. Temuan penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan kepada pembaca perbedaan nilai siswa jika presentasi dari item tes berbeda. Penelitian ini juga dilakukan untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana temuan tersebut diselidiki. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru bahasa Inggris kepala sekolah pembuat kebijakan di bidang pendidikan dan peneliti lebih lanjut dalam penilaian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuasi-eksperimental. Peneliti memperoleh data dari 150 siswa kelas dua belas dari 3 sekolah yang berbeda di Malang. Data penelitian ini dilakukan dengan cara menguji siswa. Hipotesis nol dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan bermakna dalam skor rata-rata antara MCA MCB dan esai. Sedangkan hipotesis alternatif dari penelitian ini adalah ada perbedaan bermakna dalam skor rata-rata antara MCA MCB dan esai. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan prosedur statistik ANOVA satu arah. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah tes baca di NE (National Examination) 2015. Peneliti mengatur ulang test menjadi tiga pengaturan yang berbeda. Mereka adalah pilihan ganda A (MCA) pilihan ganda B (MCB) dan tes esai. Semua jenis ini memiliki barang yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah pada pengaturan item tes. Pengaturan MCA mengikuti urutan logis yang berfokus pada pengaturan keterampilan mikro sementara pengaturan MCB disusun berdasarkan keterampilan mikro dari item tes. Pengaturan esai mengikuti urutan logis tapi tanpa pilihan jawaban. Ditemukan bahwa ada perbedaan skor yang signifikan dalam setiap tes dan pengaturan tes memberikan perbedaan yang signifikan terhadap nilai siswa. Pengaturan MCA adalah pengaturan terbaik untuk mendapatkan nilai siswa terbaik. Tapi untuk memeriksa pemahaman siswa lebih baik menggunakan jenis tes esai. Tes yang digunakan juga diklasifikasikan sebagai tes yang dapat konsisten dalam hal inter-item. Berdasarkan temuan dan pembahasannya disimpulkan bahwa pilihan ganda adalah presentasi terbaik untuk mendapatkan nilai terbaik namun untuk mengetahui kemampuan siswa hal itu seharusnya menggunakan esai karena beberapa siswa hampir tidak mengerti teksnya. Berkaitan dengan hal tersebut hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan berharga bagi guru bahasa Inggris kepala sekolah pembuat kebijakan di bidang pendidikan dan peneliti lebih lanjut dalam penilaian. Bagi guru bahasa Inggris disarankan untuk memilih pengaturan tes yang lebih baik bagi siswa mereka sehingga siswa mereka mendapatkan nilai yang lebih baik. Bagi kepala sekolah penelitian ini diharapkan bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih tes yang baik bagi siswa di sekolahnya. Bagi para pembuat kebijakan penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan yang berharga dalam memilih susunan tes yang lebih baik saat melakukan tes untuk siswa. Peneliti masa depan disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang menyelidiki efek presentasi item uji tipe pilihan ganda di berbagai bidang materi keterampilan atau kursus di berbagai tingkat studi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item View Item