Penerapan model pembelajaran guided note talking (GNT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang / Arini Ilma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran guided note talking (GNT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang / Arini Ilma

Ilma, Arini (2011) Penerapan model pembelajaran guided note talking (GNT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang / Arini Ilma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Guided Note Taking (GNT) Aktivitas Belajar Hasil Belajar Pembelajaran IPS pada kelas IVA di SDN Bareng 3 masih menggunakan model konvensional. Akibatnya hasil ulangan harian siswa kelas IVA siswa yang mampu mencapai ketuntasan minimal hanya 20 siswa dan yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal ada 18 siswa. Selain itu siswa menjadi bosen sehingga membuat siswa pasif bermain sendiri ramai dan tidak konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang (3) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Kehadiran dan peran peneliti bertindak sebagai instrumen utama perencana tindakan dan pelaksana tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Bareng 3 Kota Malang. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis Taggart yang tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) semakin meningkat. Hal ini terbukti saat selama proses pembelajaran. Siswa yang biasanya takut mengeluarkan pendapat menjadi berani dan siswa yang tidak mau bekerjasama menjadi mau. Hasil belajar rata-rata kelas pada siklus I pertemuan 1 sebesar 73 63. Nilai rata-rata kelas siklus I pertemuan 2 sebesar 78 94. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 sampai pertemuan 2 mengalami peningkatan sebesar 5 31. Nilai rata-rata siklus II pertemuan 1 sebesar 84 07 Hasil belajar siklus I pertemuan 2 sampai siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan sebesar 5 13. Nilai rata-rata siklus II pertemuan 2 sebesar 89 81. Hasil belajar siklus II pertemuan1 sampai pertemuan 2 mengalami peningkatan sebesar 5 74. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang. Saran yang dapat diberikan agar peneliti selanjutnya (a) Dalam menerapkan model Guided Note Taking (GNT) hendaknya guru memvariasikan dengan model lain agar siswa tidak cenderung monoton (b) Dengan menggunakan model Guided Note Taking (GNT) diharapkan siswa harus berani mengeluarkan pendapat bertanya kepada teman atau guru dan bisa menjawab pertanyaan dari guru serta konsentrasi dengan baik. Sehingga akhirnya penerapan model Guided Note Taking (GNT) dapat meningkatkan aktivitas siswa (c) Hendaknya guru memberikan soal evaluasi sesuai dengan model Guided Note Taking (GNT) agar siswa paham sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103596

Actions (login required)

View Item View Item