Penerapan model project-based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Dewi Nofita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model project-based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Dewi Nofita Sari

Sari, Dewi Nofita (2011) Penerapan model project-based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Dewi Nofita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Project-Based Learning Aktivitas Hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran IPA kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang terdapat permasalahan siswa pasif dalam pemebalajaran IPA dan guru masih menggunakan metode ceramah. Hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pratindakan pada ulangan harian yaitu 59 jauh dari ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 67. Oleh karena itu peneliti menerapkan model Project-Based Learning untuk mengatasi permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)penerapan model proyek pada pembelajaran IPA (2) aktivitas belajar siswa kelas IV (3) hasil belajar IPA setelah menerapkan model pembelajaran proyek di kelas IV. Subyek dari penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 23 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dalam bentuk kolaboratif partisipatoris. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model proyek pada pembelajaran IPA siswa kelas IV dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indikator dapat tercapai dengan baik sesuai RPP yang dibuat. Guru memfasilitasi dan memotivasi siswa sehingga siswa dapat membentuk pengetahuan sendiri melalui serangkaian aktivitas/kegiatan. Penggunaan model ini dapat meningkatkan aktivitas. Hal ini terbukti dari rata-rata aktivitas belajar siswa sebelumnya yaitu 81 pada siklus I meningkat menjadi 91 6 di siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar pratindakan pada materi energi dan perubahannya adalah 59 yang tuntas hanya 6 orang (26%) pada siklus I meningkat menjadi 74 5 yang tuntas 16 siswa (69 6%). Sedangkan di siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 89 2 yang tuntas 22 siswa (95 6%). Kesimpulannya penerapana model proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN ketawanggede 2 Malang. Saran bagi Kepala Sekolah agar memotivasi guru untuk lebih terfokus dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model proyek. Untuk guru dan peneliti lain dalam menerapkan model proyek tidak terpisah-pisah sebaiknya 1 proyek minimal di selesaikan 1 siklus dan untuk siklus berikutnya diupayakan mengganti dengan kegiatan proyek lain yang sesuai dengan proyek sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103595

Actions (login required)

View Item View Item