Peningkatan kemampuan memahami isi cerita melalui teknik directed reading thinking activities (DRTA) di kelas IV SDN Gondangtapen Kabupaten Blitar / Rofiq Alfa Humaida - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan memahami isi cerita melalui teknik directed reading thinking activities (DRTA) di kelas IV SDN Gondangtapen Kabupaten Blitar / Rofiq Alfa Humaida

Humaida, Rofiq Alfa (2011) Peningkatan kemampuan memahami isi cerita melalui teknik directed reading thinking activities (DRTA) di kelas IV SDN Gondangtapen Kabupaten Blitar / Rofiq Alfa Humaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Membaca pemahaman siswa teknik Directed Reading Thinking Activities (DRTA). Pembelajaran memahami isi cerita di SD pada saat ini masih dirasakan belum memenuhi tuntutan kurikulum yang diberlakukan sekarang yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Guru dalam membelajarkan membaca pemahaman masih memiliki kecenderungan memusatkan kegiatannya agar siswa dapat membaca dan kurang memanfaatkan membaca untuk belajar lebih lanjut.Tujuan penelitian pelaksanaan pembelajaran kemampuan memahami isi cerita di kelas IV SDN Gondangtapen Kabupaten Blitar adalah mendeskripsikan pelaksanaan teknik Directed Reading Thinking Activities (DRTA) dalam upaya meningkatkan kemampuan memahami isi cerita siswa di kelas IV SDN Gondangtapen Kabupaten Blitar dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami isi cerita siswa kelas IV dengan penggunaan teknik Directed Reading Thinking Activities (DRTA) di SDN Gondangtapen Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penggunaan teknik Directed Reading Thinking Activities (DRTA) untuk siswa kelas IV di SDN Gondangtapen ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan memahami isi cerita. Rekapitulasi hasil dari ketiga tahap memahami isi cerita diperoleh penilaian tahap pratindakan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 18 75% pada siklus I pertemuan pertama naik menjadi 25% pada siklus I pertemuan kedua naik menjadi 43 75% pada siklus II pertemuan pertama menjadi 81 25% dan pada siklus II pertemuan kedua naik menjadi 93 75%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu dengan menggunaan teknik Directed Reading Thinking Activities (DRTA) dalam pembelajaran memahami isi cerita terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka disarankan menggunakan teknik Directed Reading Thinking Activities (DRTA) dalam pembelajaran memahami isi cerita untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103594

Actions (login required)

View Item View Item