Pemanfaat benda-benda di lingkungan kelas untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ekspresi siswa kelas 2 SDN Kasin MAlang / Winda Dyah Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaat benda-benda di lingkungan kelas untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ekspresi siswa kelas 2 SDN Kasin MAlang / Winda Dyah Puspitasari

Puspitasari, Winda Dyah (2011) Pemanfaat benda-benda di lingkungan kelas untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ekspresi siswa kelas 2 SDN Kasin MAlang / Winda Dyah Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci benda-benda di lingkungan kelas menggambar ekspresi SD. Hasil observasi pada awal Maret tahun 2011 yang dilakukan peneliti di SDN Kasin Kota Malang serta berdasarkan hasil belajar siswa sebelumnya ditemukan kondisi tentang rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II khususnya pada mata pelajaran SBK materi menggambar ekspresi. Pada proses pembelajaran siswa cenderung ramai sendiri tidak adanya tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru dan siswa kesulitan dalam membuat gambar. Menggambar ekspresi dengan memanfaatkan benda-benda di lingkungan kelas akan membantu siswa dalam menentukan gambar. Tujuan penelitian ini adalah (1) memanfaatkan benda-benda di lingkungan kelas untuk meningkatkan proses menggambar ekspresi siswa kelas II SDN Kasin Malang dan (2) memanfaatkan benda-benda di lingkungan kelas untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ekspresi siswa kelas II SDN Kasin Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan benda-benda di lingkungan kelas telah berhasil meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Pada proses pembelajaran siswa lebih bersemangat dalam membuat gambar ekspresi begitu pula yang terlihat pada hasil gambar siswa yang menunjukkan peningkatan dari pewarnaan kreasi dan kerapian. Pada proses belajar terjadi peningkatan dari tahap pratindakan ke siklus 1 sebesar 8 33% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18 75%. Peningkatan hasil belajar (karya siswa) dari tahap pratindakan ke siklus 1 sebesar 4 12% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 29 22%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru memanfaatkan benda-benda di lingkungan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggambar ekspresi dan penelitian ini dapat dijadikan langkah awal untuk penelitian lebih lanjut. Penelitian selanjutnya diharapakan bisa lebih bervariatif kegiatan yang dilakukan siswa sehingga kegiatan siswa dalam menggambar ekspresi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103593

Actions (login required)

View Item View Item