Agustin, Rifqi Dian (2011) Penerapan model pembelajaran arias untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa IIIA SDN Purwantoro 2 kota Malang / Rifqi Dian Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran ARIAS aktivitas belajar hasil belajar mata pelajaran IPS Permasalahan yang terkait dengan hasil belajar terutama pada mata pelajaran IPS terjadi karena beberapa faktor yaitu minimnya keaktivan siswa. Berdasarkan observasi pendahuluan pada mata pelajaran IPS yang dilakukan peneliti terhadap guru dan siswa kelas III A SDN Purwantoro 2 Malang menunjukkan bahwa rata-rata kelas baru mencapai 65 85% penguasaan materinya dan siswa yang nilainya memenuhi Standar Ketuntasan Minimal(SKM) sebanyak 27 dari 41 siswa atau 65 85%. Pencapaian prestasi siswa pada mata pelajaran IPS di bawah SKM yaitu 74 0. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup penerapan model ARIAS yaitu peningkatan aktivitas dan hasil belajar setelah menggunakan model ARIAS. Model pembelajaran ARIAS adalah model pembelajaran yang usaha pertama dalam kegiatan pembelajarannya menanamkan rasa yakin/percaya pada siswa. Kegiatan pembelajaran ada relevansinya dengan kehidupan siswa berusaha menarik dan memelihara minat/perhatian siswa. Kemudian diadakan evaluasi dan menumbuhkan rasa bangga pada siswa dengan memberikan penguatan (reinforcement). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 41 siswa kelas III A SDN Purwantoro 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran ARIAS menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas IIIA meningkat ditandai dengan aspek-aspek yang diamati (keaktifan siswa kerjasama siswa rasa percaya diri dan kemampuan menyimpulkan) dari siklus I sebesar 66 63 pada siklus II meningkat menjadi 76 08. Selain itu peningkatan hasil belajar siswa sebelum penerapan model ARIAS yang hanya mencapai rata-rata 61 28 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individu sebanyak 14 siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 73 95 sebanyak 26 siswa (68 42%) sudah memenuhi ketuntasan. Kemudian meningkat lagi pada siklus II rata-rata siklus II rata-rata menjadi 86 32 sebanyak 32 (84 21%) siswa sudah memenuhi SKM. Apabila seorang peneliti lain ingin menerapkan model ini diharapkan bisa memperhatikan hal-hal atau kendala yang mempengaruhi pembelajaran tersebut agar penerapan model pembelajaran ARIAS dapat berjalan secara optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103592 |
Actions (login required)
View Item |