Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam menyimak bahasa Indonesia di kelas V SDN Bareng 5 Malang / Listiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam menyimak bahasa Indonesia di kelas V SDN Bareng 5 Malang / Listiana

Listiana (2011) Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam menyimak bahasa Indonesia di kelas V SDN Bareng 5 Malang / Listiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media audio visual aktifitas kemampuan menyimak Permasalahan pada matapelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Bareng 5 Kota Malang yaitu (1) keterampilan menyimak metode ceramah (2) peserta didik kesulitan dalam menentukan unsur-unsur cerita (3) siswa kurang bergairah dan antusias dalam pembelajaran menyimak cerita dan (4) kurangnya media yang inovatif dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita. Berdasarkan masalah tersebut maka perlu diadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam menyimak bahasa Indonesia di kelas V SDN Bareng 5 Malang (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui penggunaa media audio visual dan (3) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyimak melalui penggunakan media audio visual.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan aktifitas dan kemampuan siswa dalam menyimak Bahasa Indonesia Kota Malang. Perolehan rata-rata aktifitas belajar siswa meningkat dari rata-rata pratindakan ke siklus I sebesar 67% dari siklus I ke siklus II sebesar 2% dan dari pratindakan ke siklus-2 mengalami peningkatan sebanyak 73%. Perolehan rata-rata kemampuan menyimak cerita meningkat dari rata-rata pratindakan ke siklus I sebesar 49% dari siklus I ke siklus II sebesar 13% dan dari pratindakan ke siklus-2 mengalami peningkatan sebanyak 68%.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media audio visual dapat meningkatkan aktifitas dan kemampuan siswa dalam menyimak Bahasa Indonesia kelas V SDN Bareng 5 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103587

Actions (login required)

View Item View Item