Penerapan model quantum learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri / Hanik Aida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model quantum learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri / Hanik Aida

Aida, Hanik (2011) Penerapan model quantum learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri / Hanik Aida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Quantum Learning pembelajaran IPA Pembelajaran guru kelas V SDN Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri ketika mengajarkan materi Sifat-Sifat Cahaya masih banyak menggunakan cara-cara lama yaitu dengan lebih banyak ceramah tanya jawab dan penugasan (PR) sehingga pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Aktivitas siswa saat pembelajaran IPA mengindikasikan rendahnya kinerja belajar siswa yang mengakibatkan kurangnya pemahaman terhadap materi Sifat-Sifat Cahaya hal ini nampak ketika dalam suasana pembelajaran sebagian siswa tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Hasil dari pre-test yang diberikan pada 26 siswa menunjukkan bahwa hanya ada 3 siswa (12%) yang mencapai KKM yang ditentukan 75 00. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Quantum Learning aktivitas siswa ketika diterapkan model Quantum Learning dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Quantum Learning. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dengan dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Pengumpulan data penerapan model dan aktivitas siswa dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan memberikan tes pada setiap akhir pertemuan. Analisis data penerapan model mengguanakan lembar observasi penerapan model data aktivitas siswa didanalisis menggunakan lembar pengamatan siswa dan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan tes pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh tiga simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi Sifat-sifat cahaya siswa kelas VA SDN Turus. Penerapan model berturut-turut dari siklus I pertemuan ke-1 sampai siklus II pertemuan ke-2 memperoleh skor 65 atau 86% 68 atau 91% 64 atau 85% 70 atau 94% dari skor maksimal keberhasilan model. Kedua aktivitas siswa kelas VA dalam belajar IPA materi Sifat-sifat cahaya meningkat ketika diterapkan model Quantum Learning. Siswa yang mendapat kriteria aktiv berturut-turut dari siklus I pertemuan ke-1 sampai siklus II pertemuan ke-2 sebanyak 11 siswa atau 42% 19 siswa atau 73% 22 siswa atau 85% dan 22 siswa atau 85%. Ketiga hasil belajar siswa kelas V dalam belajar IPA materi Sifat-sifat cahaya meningkat setelah diterapkan model Quantum Learning. Siswa yang mendapat kriteria tuntas belajar berturut-turut dari siklus I pertemuan ke-1 sampai siklus II pertemuan ke-2 sebanyak 21 siswa atau 81% 14 siswa atau 54% 18 siswa atau 69% dan 23 siswa atau 88%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103586

Actions (login required)

View Item View Item