Mustisari, Wahyuni (2011) Peningkatan hasil belajar melalui metode pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar / Wahyuni Mustisari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci hasil belajar pembelajaran IPS Mind Mapping. Pembelajaran IPS seharusnya mengaitkan antara konsep satu dengan yang lain dari ilmu-ilmu sosial tetapi kenyataannya tidak seperti itu atau tidak terpadu. Kenyataannya pembelajaran IPS masih menggunakan metode ceramah dimana guru lebih dominan dalam pembelajaran siswa kurang diberi kesempatan dalam mengembangkan ide/gagasan sehingga pembelajaran membosankan. Hal ini mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Dari 20 siswa terdapat 5 siswa yang mendapat nilai 8805 60 dan 15 siswa mendapat nilai 60 dan nilai rata-rata kelas adalah 50 25. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan metode pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa mengingat materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran IPS melalui metode pembelajaran Mind Mapping kelas IV SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Ngaglik 03 dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dari pra tindakan ke siklus I peningkatannya mencapai 41 6% dan dari siklus I ke siklus II peningkatannya mencapai 17 6%. Hasil belajar siswa dari pratindakan 35% siswa tuntas meningkat pada siklus I menjadi 65% siswa tuntas dan siklus II menjadi 100% siswa tuntas belajar dari 20 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran dan pelaksanaan metode Mind Mapping juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga 20 siswa dapat tuntas dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |