Penerapan model pembelajaran salingtemas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang / Devi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran salingtemas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang / Devi Pratiwi

Pratiwi, Devi (2011) Penerapan model pembelajaran salingtemas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang / Devi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran Salingtemas aktivitas dan hasil belajar. Model pembelajaran Salingtemas adalah model pembelajaran yang mengutamakan penyelesaian masalah/ isu di masyarakat dengan aplikasi konsep IPA dan teknologi. Diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan alam. Pembelajaran IPA yang berpusat pada guru dan buku akan membuat siswa pasif. Seharusnya siswa menemukan pengetahuannya sendiri melalui pengamatan lingkungan penyelesaian masalah di masyarakat sehingga peduli terhadap lingkungan. Menurut hasil observasi dan wawancara aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran cenderung pasif. Hasil belajar siswa rata-rata 62 dengan KKM 58. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Salingtemas. Penelitian bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran Salingtemas dalam pembelajaran IPA siswa kelas V (2) aktivitas belajar IPA siswa kelas V dengan penerapan model pembelajaran Salingtemas (3) hasil belajar IPA siswa kelas V dengan penerapan model pembelajaran Salingtemas. Rancangan penelitian PTK dalam bentuk kolaboratif. Subyek penelitian siswa kelas V sebanyak 37 siswa laki-laki 21 anak dan perempuan 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes. Pelaksanaan PTK meliputi empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (observasi) (4) refleksi. Hasil penelitian ini rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 73 50 dan siklus II meningkat menjadi 83 17 dengan kualifikasi sangat memuaskan. Penelitian ini menggunakan KKM 65. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 62 54 dan siklus II meningkat menjadi 82 74. Ketuntasan hasil belajar klasikal juga meningkat dari 45 94% menjadi 97 3% siswa yang memperoleh nilai 8805 65. Penerapan model pembelajaran Salingtemas disimpulkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V. Pembelajaran sudah berpusat pada siswa mampu menemukan masalah di masyarakat menyelesaikan masalah membuat teknologi sederhana mengatasi masalah dan peduli terhadap lingkungan. Apabila guru maupun peneliti lain ingin menerapkan model pembelajaran Salingtemas perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut.(1) Penerapan model ini membutuhkan waktu lama dapat diatasi dengan memberikan tugas di luar jam pelajaran dan menggunakan jam pelajaran lain yang ada keterpaduannya. (2) Tidak semua materi pembelajaran IPA dapat menggunakan model pembelajaran Salingtemas. Materi yang sesuai yaitu materi yang mengandung masalah lingkungan dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103582

Actions (login required)

View Item View Item