Peningkatan hasil belajar siswa melalui model mind mapping dalam pembelajaran IPS kelas III SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Nourma Oktaviarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa melalui model mind mapping dalam pembelajaran IPS kelas III SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Nourma Oktaviarini

Oktaviarini, Nourma (2011) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model mind mapping dalam pembelajaran IPS kelas III SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Nourma Oktaviarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Mind Mapping hasil belajar pembelajaran IPS sekolah dasar Peneliti mengambil judul tersebut berdasarkan latar belakang beberapa hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar antara lain pelaksanaan pembelajaran bersifat konvensional dan kurang menarik minat siswa siswa bosan menghafalkan konsep pembelajaran dan hasil belajar siswa pada ulangan harian semester II masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Langkah-langkah penelitian berupa perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan penerapan model Mind Mapping diperoleh peningkatan hasil belajar. Hasil belajar siswa dimulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan penelitian pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada pratindakan adalah 59.16 dengan ketuntasan klasikal 37%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 69.4 dengan persentase ketuntasan klasikal 51.3%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 79.6 dengan ketuntasan klasikal 92.3%. Dengan demikian dapat dikatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103581

Actions (login required)

View Item View Item