Prasetyo, Mochammad Hedi (2011) Metode pembelajaran image streaming untuk meningkatkan kemampuan mengarang bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Tulus Rejo 2 MAlang / Mochammad Hedi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Image Streaming kemampuan mengarang Bahasa Indonesia Penelitian ini diambil dari permasalahan yang timbul di SDN Tulus Rejo 2 Malang pada kelas V masalah yang timbul pada kelas V adalah minimnya nilai mengarang siswa yang berakibat pada miskinnya kosa kata siswa pada saat menulis nantinya. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan konsistensi pada produk mengarang saja bukan bagaimana cara mengembangkan kerangka karangan yang menarik sesuai dengan EYD dan mampu menumbuhkan daya imajinasi siswa yang sedang berkembang. Maka penelitian ini mengambil salah satu metode baru yang bernama Image Streaming. Metode Image Streaming adalah suatu bentuk pembelajaran melalui daya imajinasi bayangan dan pencitraan hasil buah pikiran yang nantinya dibubuhkan kedalam kertas dalam bentuk tulisan atau kalimat yang nantinya metode ini dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa yaitu peningkatan kemampuan untuk menguasai aspek-aspek isi karangan organisasi kosakata bahasa dan penulisan agar bisa membantu siswa mengembangkan imajinya dengan baik. Penelitian ini untuk medeskripsikan penerapan pembelajaran mengarang dengan menggunakan metode Image Streaming dalam Pelajaran Bahasa Indonesia yang meningkatkan ketrampilan mengarang siswadan untuk mendeskripsikan peningkatan ketrampilan mengarang setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan metode Image Streaming pada siswa kelas V SDN Tulus Rejo 2 Malang.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tulus Rejo 2 Malang tanggal 1 Februari sampai 16 April 2011. Rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan Penerapan metode Image Streaming dapat meningkatkan ketrampilan mengarang siswa kelas V SD Negeri Tulus Rejo 2 Malang dalam melakukan aktivitas mengarang. Ini ditunjukkan dari meningkatnya prosentase jumlah siswa yang memenuhi kriteria pada indikator tersebut baik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kualitas kerangka karangan judul hasil revisi serta hasil karangan juga mengindikasikan adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran.Penerapan metode Image Streaming dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran mengarang. Ini ditunjukkan dari adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai minimal 70. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagipihak-pihak lain yang inginmenelitilebihlanjut disarankanuntukmengembangkanpenerapanmetode Image Streaming denganmendayagunakan media lain seperti variasi instrumen musik dan alat untuk membantu pengheningan agar dihasilkan daya imajinasi yang mengalir sesuai dengan konsep pertanyaan yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |