Penerapan model pembelajaran the power of two untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IVA SDN 1 Moyoketen Kabupaten Tulungagung / Septin Dwi Elianasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran the power of two untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IVA SDN 1 Moyoketen Kabupaten Tulungagung / Septin Dwi Elianasari

Elianasari, Septin Dwi (2011) Penerapan model pembelajaran the power of two untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IVA SDN 1 Moyoketen Kabupaten Tulungagung / Septin Dwi Elianasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model The Power Of Two Aktivitas Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IVA SDN 1 Moyoketen masih rendah hal ini dapat dilihat dari (1) hasil nilai evaluasi siswa pada materi kegiatan ekonomi (2) siswa kesulitan dalam memecahkan masalah secara individu (3) siswa kurang aktif bekerja sama dengan teman selama pembelajaran sehingga siswa cenderung bekerja sendiri. Untuk itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model The Power of Two dalam pembelajaran IPS (2) peningkatan aktivitas belajar IPS melalui penerapan model The Power of Two (3) peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model The Power of Two. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 1 Moyoketen Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas observasi wawancara dokumentasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model The Power of Two dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 1 Moyoketen antara lain (1) keberhasilan guru dalam penerapan model The Power of Two pada siklus I diperoleh 86 50% dan pada siklus II keberhasilan guru dalam penerapan model The Power Of Two meningkat menjadi 92 85% (2) rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 71 12 dan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 77 91 (3) rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan diperoleh 64 6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 53 3%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 69 52 dengan ketuntasan klasikal 71 15%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 84 16 dan ketuntasan klasikal menjadi 100%. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan model The Power of Two dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IVA SDN 1 Moyoketen. Saran dari penelitian ini guru hendaknya mengembangkan penerapan model The Power of Two sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPS di SD. Bagi peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini berdasarkan keterbatasan yang ada pada peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103579

Actions (login required)

View Item View Item