Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Penanggungan Malang / Raras Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Penanggungan Malang / Raras Setyowati

Setyowati, Raras (2011) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Penanggungan Malang / Raras Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw II PKn SD dan hasil belajar. Pendidikan adalah suatu proses interaksi antara pendidik dengan subyek didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam kehidupan suatu negara pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup Negara dan bangsa karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu cara untuk membangkitkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw tipe II. Model pembelajaran kooperati tipe Jigsaw II adalah adaptasi dari teka-teki Eliiot Aronson pada tahun 1978. Dalam tenik ini siswa bekerja dalam anggota kelompok yang sama yaitu empat orang dengan latar belakang yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif jigsaw II dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Penanggungan Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 72 63 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66 38 dengan nilai probabilitas (sig) 0 04. Dengan demikian nilai probabilitas 0 04 0 05 maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran koopertif tipe jigsaw II dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN Penangungan Malang. Disarankan bagi guru PKn dapat menggunakan model pembelajaran Jigsaw II sebagai alternatif dalam merencanakan proses pembalajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103578

Actions (login required)

View Item View Item