Peningkatan keterampilan bercerita melalui metode paired storytelling di kelas V SDN Bendo 1 kota Blitar / Juan Sekarroza Febrynarulita - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan bercerita melalui metode paired storytelling di kelas V SDN Bendo 1 kota Blitar / Juan Sekarroza Febrynarulita

Febrynarulita, Juan Sekarroza (2011) Peningkatan keterampilan bercerita melalui metode paired storytelling di kelas V SDN Bendo 1 kota Blitar / Juan Sekarroza Febrynarulita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan bercerita metode paired storytelling. Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek yaitu menyimak (men-dengarkan) berbicara membaca dan menulis. Keterampilan berbicara digunakan sebagai alat komunikasi dengan lingkungannya. Keterampilan bercerita juga merupakan berbicara dalam bercerita dengan baik dibutuhkan persiapan dan latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode paired storytelling dalam meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V serta mendiskripsikan peningkatan keterampilan bercerita siswa kelas V SDN Bendo 1 Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. PTK termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang di kumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bercerita secara bertahap pada pratindakan sebesar 27 % siklus I pertemuan 1 sebesar 45 % siklus I pertemuan 2 sebesar 64 % dan siklus II pertemuan 1 sebesar 91 %. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui metode paired storytelling dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar senantiasa meningkatkan kualitas dan kinerjanya dengan menambah pengetahuan dan keterampilannya dalam menerapkan model-model pembelajaran yang baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103575

Actions (login required)

View Item View Item