Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II tema lingkungan SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing kota Malang / Rohmatul Maulidiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II tema lingkungan SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing kota Malang / Rohmatul Maulidiah

Maulidiah, Rohmatul (2011) Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II tema lingkungan SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing kota Malang / Rohmatul Maulidiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran tematik hasil belajar Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas II SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing Kota Malang ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran di kelas terutama IPA dengan materi sumber energi yaitu (1) Belum diterapkannya pembelajaran tematik di kelas rendah (2) nilai yang diperoleh siswa masih rendah (3) kurangnya variasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Untuk itu perlu diadakan pembahasan dalam hal model pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran tematik yaitu pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1 Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran tematik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Kelas II SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing Kota Malang (2) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Pandanwangi 04 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis Taggart. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Pandanwangi 04 Kota Malang dengan jumlah siswa 36 anak. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN Pandanwangi 04 Kota Malang. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata pretes ke siklus I sebesar 33% dari siklus I ke siklus II sebesar 31% dengan ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas II SDN Pandanwangi 04 Kota Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan pembelajaran tematik pada pembelajaran selanjutnya khususnya pada kelas rendah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103574

Actions (login required)

View Item View Item