Meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas III SDN Turi 01 Kodya Blitar / Ika Fitrikuslina Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas III SDN Turi 01 Kodya Blitar / Ika Fitrikuslina Dewi

Dewi, Ika Fitri Kuslina (2011) Meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas III SDN Turi 01 Kodya Blitar / Ika Fitrikuslina Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci berbicara metode role playing. Hasil observasi menunjukkan bahwa masalah yang terjadi di SDN Turi 01 dalam mengajar keterampilan berbicara guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga siswa merasa bosan dan tidak ada ketertarikan untuk belajar. Pemilihan metode dalam mengajar sangatlah menentukan hasil belajar siswa. Jika guru dalam pembelajaran menggunakan metode yang tepat maka hasil belajar siswa akan baik. Begitu juga sebaliknya jika guru dalam mengajar tidak menggunakan metode yang tepat maka dalam pembelajaran tidak akan berhasil. Berdasarkan latar belakang dalam pembelajaran di kelas III maka masalah yang muncul adalah bagaimana penerapan metode role playing siswa kelas III dan apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III SDN Turi 01 Kodya Blitar. Teknik analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa yaitu pada penggunaan lafal intonasi dan ekspresi hasil yang diperoleh pada tahap pratindakan rata-rata nilai siswa 71 71% pada siklus I naik menjadi 86 64% pada siklus II naik menjadi 94 10%. Pada aspek keruntutan dan kelancaran berbicara hasil yang diperoleh pada tahap pra tindakan rata-rata nilai siswa 69 50% pada siklus I naik menjadi 84 54% pada siklus II naik menjadi 93 93%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing berjalan baik dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara Kelas III MI SDN Turi 01 Kodya Blitar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran inovatif role playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Selain itu guru juga harus aktif mencari informasi mengenai metode pembelajaran inovatif yang lain agar menambah pengetahuannya mengenai metode pembelajaran serta dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai untuk masalah pembelajaran yang sedang dihadapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103572

Actions (login required)

View Item View Item