Khotimah, Khusnul (2011) Pemanfaatan media lingkungan sekitar pada penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN Ketawanggede 1 kota Malang / Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci PTK Media Lingkungan Sekitar Pembelajaran Matematika Penjumlahan dan Pengurangan Hasil Belajar. SDN Ketawanggede 1 Kota malang merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan kondisi tentang rendahnya penguasaan materi dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang dipakai di SDN Ketawanggede 1 Kota malang ini yaitu media sedotan. Siswa cenderung terlihat jenuh setiap kali pembelajaran hanya menggunakan media sedotan. Permasalahan ini dicoba diatasi dengan penggunaan media lingkungan sekitar seperti daun dan kerikil serta mencoba pembelajaran yang dilakukan di luar kelas untuk meningkatkan keaktifan siswa sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan 1) penggunaan media lingkungan sekitar pembelajaran matematika kelas 1 dengan memanfaatkan media lingkungan sekitar pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan asli 2) Peningkatan hasil belajar siswa Kelas 1 SDN Ketawanggede 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas I SDN Ketawanggede 1 Kota Malang dengan banyaknya siswa 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2010-2011 jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai Matematika LKS soal test akhir sebanyak 10 soal lembar observasi penguasaan materi siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Penggunaan media lingkungan sekitar dapat meningkatkan keaktifan siswa SDN Ketawanggede 1 Kota Malang pada pelajaran matematika 2) Setelah diterapkannya media lingkungan sekitar pada siklus I materi penjumlahan nilai rata-rata siswa naik sebesar12 28 dari rata-rata hasil pra tindakan rata-rata siswa menjadi 71 71 pada siklus I materi pengurangan rata-rata nilai siswa naik sebesar 16 dari rata-rata hasil pra kegiatan rata-rata siswa menjadi 66 86 sedangkan pada siklus II materi penjumlahan rata-rata nilai siswa naik sebesar 14 29 dari siklus I rata-rana nilai siswa menjadi 86 dan pada siklus II materi pengurangan rata-rata nilai siswa naik sebesar 9 43 dari siklus pertama rata-rata nilai siswa menjadi 76 29. Media lingkungan sekitar sangat dekat dengan anak sehingga siswa dapat memperolehnya dengan mudah. Pembelajaran di luar kelas membantu siswa karena membuat siswa lebih aktif dan tidak jenuh saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |