Using jigsaw technique to improve the 10th grade students' ability in reading comprehension in SMKN 1 Pogalan Trenggalek / Neysa Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Using jigsaw technique to improve the 10th grade students' ability in reading comprehension in SMKN 1 Pogalan Trenggalek / Neysa Wardani

Wardani, Neysa (2017) Using jigsaw technique to improve the 10th grade students' ability in reading comprehension in SMKN 1 Pogalan Trenggalek / Neysa Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Neysa. 2017. Menggunakan Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 10 di SMKN 1 Pogalan Trenggalek. Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (II) Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL. M.Pd. Kata Kunci Teknik Jigsaw kemampuan membaca. Belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing sangat penting untuk semua jenjang pendidikan di Indonesia pada saat ini. Dalam membantu siswa menguasai Bahasa Inggris guru harus memberikan cara yang bagus yang dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Jigsaw technique benar-benar meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca atau tidak. Pada studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas X AKUNTASI-2 SMKN 1 Pogalan saya menemukan bahwa kemampuan membaca siswa rendah. Nilai membaca mereka rendah mereka tidak memahami kosa kata and tidak menguasai tata Bahasa. Disamping itu mereka kurang aktif dalam proses pembelajaran karena guru memegang penuh kendali pada proses belajar mengajar di kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut saya menggunakan teknik Jigsaw. Strategi ini dipilih karena hasil penelitian sebelumnya oleh Mengduo Xiaoling (2010) memperlihatkan bahwa strategi ini dapat memotivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris terutama dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Disamping itu hasil penelitian sebelumnya yang lain oleh Husseini Maleki and Haeri (2014) menyatakan bahwa siswaa dapat belajar dengan lingkungan yang mendukung dan mereka juga tidak menjadi siswa yang pasif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dimana saya yang menerapkan strategi dan guru Bahasa Inggris kelas X AK-2 yang berperan sebagai pengamat penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalan satu siklus. Subyek dari penelitian ini adalah 36 siswa kelas X AK-2 SMKN 1 Pogalan. Data pada penelitian ini diperoleh dari nilai tes membaca siswa dan lembar observasi yang diisi oleh guru Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian itu menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik Jigsaw telah memenuhi kriteria kesuksesan di Siklus 1. Ini karena 88.9% atau 32 dari 36 siswa mendapatkan lebih dari sepuluh poin peningkatan pada nilai tes akhir membaca mereka. Disamping itu hasil daru lembar observasi menunjukkan bahwa siswa aktif dalam pelaksanaan teknik Jigsaw dan memberi umpan balik positif terhadap penggunaan teknik Jigsaw. Penelitian ini menyarankan teknik Jigsaw sebagai strategi alternatif untuk guru Bahasa Inggris yang menghadapi permasalahan yang sama terkait kemampuan membaca siswa. Guru disarankan untuk memodifikasi aktifitas belajar dengan melihat kondisi kelas dan permasalahan yang ada di kelas. Untuk peneliti yang akan datang saya menyarankan bahwa peneliti yang akan datang menggunakan teknik Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa dan kemampuan siswa pada tipe teks yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item View Item