Penerapan permainan outbound untuk meningkatkan proses dan hasil belajar dalam tema kerjasama siswa kelas I SDN Bareng 5 Malang / Suci Wilujeng Widiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan outbound untuk meningkatkan proses dan hasil belajar dalam tema kerjasama siswa kelas I SDN Bareng 5 Malang / Suci Wilujeng Widiati

Widiati, Suci Wilujeng (2011) Penerapan permainan outbound untuk meningkatkan proses dan hasil belajar dalam tema kerjasama siswa kelas I SDN Bareng 5 Malang / Suci Wilujeng Widiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Permainan Outbound Aktivitas Belajar Hasil Belajar SD Pembelajaran tematik pada kelas I di SDN Bareng 5 masih kurang efektif dan kurang dimengerti bagi siswa. Karena beberapa siswa tidak fokus dan terpusat pada saat guru menerangkan pembelajaran di depan kelas hanya siswa yang duduk di depan dan tengah yang begitu antusias mendengarkan guru saat menerangkan pelajaran. Akibatnya beberapa siswa hasil pre test siswa kelas I siswa yang mampu mencapai ketuntasan minimal hanya 11 siswa dan yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal ada 25 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan permainan outbound untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam tema kerjasama siswa kelas I SDN Bareng 5 Malang (2) Peningkatan aktivitas belajar pembelajaran PKn Bahasa Indonesia dan matematika dalam tema kerjasama di kelas I SDN Bareng 5 Malang (3) Peningkatan hasil belajar pembelajaran PKn Bahasa Indonesia dan matematika dalam tema kerjasama di kelas I SDN Bareng 5 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Kehadiran dan peran peneliti bertindak sebagai instrumen utama perencana tindakan dan pelaksana tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN Bareng 5 Kota Malang. Langkah-langkah penelitian ini adalah perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan outbound dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permainan outbound yang diterapkan ada empat permainan yaitu permainan human scrable karet gelang estafet pada siklus I dan permainan kotak kerjasama dan permainan angka pada siklus II. Permainan human scrable adalah permainanan yang mencari dan menempelkan huruf sesuai gambar yang ada. Permainan karet gelang estafet adalah permainan yang mengoper karet gelang dari satu siswa ke siswa yang lainnya. Permainan kotak kerjasama adalah permainan yang mencari potongan gambar (puzzle) dan potongan huruf pada kotak kemudian ditempelkan pada sterofom. Sedangkan permainan angka adalah permainan yang menghitung banyaknya gambar dan mencari huruf dan angka sesuai banyak gambar yang ada. Dalam permainan outbound terdapat keberanian keaktifan dan kerjasama untuk melakukannya. Keberanian terlihat saat siswa mengacungkan tangan untk menjawab pertanyaan guru. Sedangkan keaktivan dan kerjasama terlihat saat siswa mencari dan menempelkan gambar huruf dan angka. Aktivitas belajar siswa dalam tema kerjasama pembelajaran PKn Bahasa Indonesia dan matematika dengan menggunakan permainan outbound semakin meningkat. Hal ini terbukti saat selama proses pembelajaran yaitu dari 6 33 menjadi 7 03 pada siklus I dan 7 5 menjadi 7 83 pada siklus II. Siswa yang biasanya tidak mau mendengarkan guru saat mengikuti pelajaran menjadi senang saat mengikuti pembelajaran dengan bermain outbound. Hasil belajar rata-rata kelas pada pra tindakan sebesar 55 menjadi 75 83 pada siklus I meningkat lagi menjadi 90 28 pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan permainan outbound dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam tema kerjasama siswa kelas I SDN Bareng 5 Malang. Saran yang dapat diberikan agar permainan outbound dapat diterapkan pada tema lainnya di kelas rendah dan pada mata pelajaran di kelas tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103569

Actions (login required)

View Item View Item