Peningkatan kemampuan pemahaman isi bacaan melalui model pembelajaran quantum learning pada siswa kelas V di SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar / Risalatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan pemahaman isi bacaan melalui model pembelajaran quantum learning pada siswa kelas V di SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar / Risalatur Rohmah

Rohmah, Risalatur (2011) Peningkatan kemampuan pemahaman isi bacaan melalui model pembelajaran quantum learning pada siswa kelas V di SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar / Risalatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemahaman isi bacaan quantum learning sekolah dasar Faktor sentral dalam membaca adalah pemahaman. Pemahaman isi bacaan adalah kegiatan membaca yang tujuannya untuk memahami bacaan secara cepat dan tepat (Kamidjan 1996 8). Rumusan masalah utama penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan pemahaman dan juga ke-mampuan mengungkapkan isi bacaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan pemahaman terhadap isi bacaan dan kemampuan mengungkapkan isi bacaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan PTK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) tes (2) observasi (3) dokumentasi (4) catatan lapangan. Instrument yang digunakan adalah (1) pedoman observasi guru dengan model pembelajaran quantum learning (2) pedoman observasi siswa dengan model pembelajaran quantum learning Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas siswa dalam hal kerjasama dengan semua teman tanpa membeda-bedakan pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II sebesar 73% dalam hal keaktifan siswa selama pembelajaran pada siklus I sebesar 78% dan pada siklus II 83% dan ketepatan siswa dalam menjawab pertanyaan guru pada siklus I sebesar 73% dan pada siklus II sebesar 81%. Hasil nilai akhirs dengan skor rata-rata 62 21% (pratindakan) 79 71% (siklus I) dan 82 26% (siklus II). Dengan tingkat ketuntasan 38 09% (pratindakan) 76 2% (siklus I) dan 85 72% (siklus II). Sedangakan dari ketuntas-an belajar maka terjadi penurunan jumlah dengan siswa yang berkriteria belajar rendah 13 siswa (pratindakan) 5 siswa (siklus I) dan 3 siswa (siklus II). Kesimpulan dari Penilaian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan pemahaman terhadap isi bacaan dan juga kemampuan mengungkapkan kembali isi bacaan siswa kelas V SDN Gandusari 02. Disarankan guru bahasa Indonesia dan juga mata pelajaran lain tidak hanya monoton menggunakan metode ceramah atau teacher centered namun perlu mempergunakan sebuah model yang mampu membuat siswa lebih aktif (student centered) rileks dan juga konsentrasi. Sehingga siswa lebih semangat dalam pembelajaran. Guru hendaknya perlu mencoba salah satu model yang mampu mengaktifkan siswa membuat rileks dan juga konsentrasi yaitu quantum learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103568

Actions (login required)

View Item View Item