Peningkatan kemampuan menulis siswa kelas II melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah di SDN Polehan 2 Malang / Deasy Amy Trisnayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis siswa kelas II melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah di SDN Polehan 2 Malang / Deasy Amy Trisnayanti

Trisnayanti, Deasy Amy (2011) Peningkatan kemampuan menulis siswa kelas II melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah di SDN Polehan 2 Malang / Deasy Amy Trisnayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci Kemampuan menulis Pemanfaatan perpustakaan sekolah Sekolah Dasar Berdasarkan observasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas II SDN Polehan 2 Malang peneliti menemukan fakta bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan menulis melengkapi cerita. Guru dalam pelaksanaan pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional (ceramah) yang membuat peserta didik merasa jenuh dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu data menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata menulis melengkapi cerita peserta didik SDN Polehan 2 kurang dari 65. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas II SDN Polehan 2 Malang 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis peserta didik kelas II SDN Polehan 2 Malang dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II SDN Polehan 2 Malang sebanyak 30 anak. Pelaksanaan PTK ini terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes keaktifan peserta didik. Teknik analisa data yang digunakan adalah aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dan hasil keterampilan peserta didik dalam menulis. Pembelajaran berbasis perpustakaan diawali dengan kegiatan membaca mendengarkan atau melihat semua bahan-bahan yang ada di perpustakaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal menulis melengkapi cerita peserta didik rata-rata adalah 60 00. Setelah diberikan tindakan pada siklus I rata-rata kemampuan menulis peserta didik menjadi 67 00. Dari hasil pelaksanaan siklus I menunjukkan peningkatan rata-rata 7 00%. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II rata-rata kemampuan menulis peserta didik meningkat menjadi 77 13. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 10 13%. Jadi penerapan pemanfaatan perpustakaan sekolah dapat meningkatkan keterampilan menulis melengkapi cerita peserta didik. Peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis melengkapi cerita dapat dilihat dari kenaikan rata-rata yang diperoleh. Saran yang diberikan kepada para guru dan peneliti lain antara lain 1) Guru dapat mengembangkan penerapan pemanfaatan perpustakaan sekolah pada pokok bahasan lain 2) Penerapan pemanfaatan perpustakaan sekolah perlu dikembangkan lebih lanjut dan lebih bervariasi untuk memperbaiki kekurangan (baik masalah waktu yang digunakan media pembelajaran yang maksimal) dan memperoleh hasil yang maksimal dan 3) Dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam melakukan penelitian yang sejenis dengan memperbaiki kekurangan pada penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103567

Actions (login required)

View Item View Item