Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV B di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen kota Malang / Arif Budi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV B di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen kota Malang / Arif Budi Saputra

Saputra, Arif Budi (2011) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV B di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen kota Malang / Arif Budi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPS SD Problem Based Learning Hasil Belajar. Hasil wawancara dan observasi awal di SDN Bareng 1 Malang ditemukan bahwa dalam pembelajaran guru jarang melibatkan siswa. Hasil belajar siswa pada semester 1 rata-rata masih tergolong rendah dan di bawah KKM. Rata-rata kelas pada mata pelajaran IPS pada semester 1 yaitu 56. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas IV B SDN Bareng 1 Malang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran model PBL (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan model PBL pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas IV B SDN Bareng 1 Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 66 32 dan hanya 20 siswa saja yang tuntas belajar dengan mencapai angka 70 sesuai dengan KKM yang telah ditentukan sedangkan 14 siswa yang lain belum tuntas belajar (belum berhasil). Ketuntasan klasikal yang diperoleh dari siklus I ini sebesar 59% saja. Rata-rata kelas pada siklus II adalah 74 71 dan 27 siswa yang tuntas belajar sedangkan 7 siswa yang lainnya belum tuntas belajar (belum berhasil). Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus II adalah sebesar 79%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV B SDN Bareng 1 Malang. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini diantaranya (1) Guru mata pelajaran IPS disarankan agar dalam proses pembelajaran mampu mengaktifkkan siswa dalam belajar yang salah satunya adalah PBL dan untuk materi pelajaran yang lain untuk meningkatkan aspek afektif kognitif dan psikomotor siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103562

Actions (login required)

View Item View Item