Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) melalui metode mind mapping pada siswa kelas IV di SDN Sukorejo III kota Blitar / Asror Widya Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) melalui metode mind mapping pada siswa kelas IV di SDN Sukorejo III kota Blitar / Asror Widya Susanto

Susanto, Asror Widya (2011) Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) melalui metode mind mapping pada siswa kelas IV di SDN Sukorejo III kota Blitar / Asror Widya Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci prestasi belajar mind mapping Berdasarkan hasil observasi awal dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SDN SDN Sukorejo III masih kurang memuaskan karena guru dalam melakukan pembelajaran masih bersifat konvensional sehingga siswa kurang aktif. Selain itu pembelajaran dirasa siswa membosankan akibatnya hasil belajar siswa kurang baik. Hasil tes menunjukkan dari 23 siswa hanya 5 siswa yang sudah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 60. Hal ini berarti hanya 22% siswa yang tuntas belajar.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui metode mind mapping dalam pembelajaran IPS. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pelaksanaanya terdiri dari persiapan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sedangkan instrumen yang digunakan meliputi pedoman observasi lembar tes wawancara dan dokumentasi. Mind mapping atau peta pikiran adalah metode pembelajaran konsep yang ditemukan oleh Tony Busan. Konsep ini didasarkan pada cara kerja otak menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa otak tidak menyimpan informasi dalam kotak-kotak sel saraf yang terjejer secara rapi melainkan dikumpulkan pada sel-sel saraf yang bercabang-cabang seperti ranting pohon. Setelah pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. Nilai rata-rata siswa pada pratindakan adalah 28 atau dalam persentase 28% setelah diterapkannya metode mind mapping rata-rata nilai yang dicapai pada siklus I adalah 68 atau naik 40% dari 28% menjadi 68%. Sedangkan pada siklus ke II mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 74 atau meningkat 6% dari 68% menjadi 74%.. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian hendaknya dapat menerapkan metode pembelajaran yang lebih inovatif seperti mind mapping sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103560

Actions (login required)

View Item View Item