A correlational study between the scores obtained from teacher, peer and self-assessment in the speaking class in the Senior High School level / Nur Deby Putri Maulidya - Repositori Universitas Negeri Malang

A correlational study between the scores obtained from teacher, peer and self-assessment in the speaking class in the Senior High School level / Nur Deby Putri Maulidya

Maulidya, Nur Deby Putri (2017) A correlational study between the scores obtained from teacher, peer and self-assessment in the speaking class in the Senior High School level / Nur Deby Putri Maulidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidya Nur Deby Putri. 2017. A Correlational Study between the Scores Obtained from Teacher Peer and Self-Assessment in the Speaking Class in the Senior High School Level. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nur Hayati S.Pd. M.Ed. (II) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D. Keywords Penilaian guru penilaian teman sejawat penilaian diri sendiri penilaian dalam berbicara Berbicara sebagai sebuah kemampuan bahasa telah menarik banyak peneliti-peneliti untuk melakukan penelitian tentang hal tersebut. Salah satu topik yang menarik dalam penelitian berbicara yaitu tentang penerapan penilaian diri sendiri dan penilaian teman sejawat sebagai penilaian alternatif untuk mendukung aktifitas pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam penelitian ini peneliti sebagai seorang guru di kelas English Language Skill (ELS) di SMAN 2 Probolinggo mengikutsertakan siswa-siswi dalam proses penilaian dengan memberi pelatihan kepada mereka untuk menerapkan penilaian diri sendiri dan penilaian teman sejawat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara nilai yang diperoleh dari penilaian diri sendiri penilaian teman sejawat dan penilaian guru di kelas berbicara. Penelitian ini juga akan mengetahui sikap siswa terhadap penerapan penilaian diri sendiri dan penilaian teman sejawat dalam penilaian berbicara. Desain untuk penelitian ini adalah desain korelasi. Dikarenakan keterbatasan dalam mengakses penelitian ini hanya dilakukan di kelas 10 IPS 3 di SMAN 2 Probolinggo. Teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Ada 26 siswa yang berpartisipasi di penelitian ini. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik penilaian berbicara dan kuesioner siswa. Instrumen-instrumen dalam penelitian ini telah di uji untuk memastikan bahwa instrument-instrument tersebut sesuai untuk digunakan. Rubrik penilaian berbicara digunakan untuk mengumpulkan penilaian untuk penilaian guru teman sejawat dan penilaian diri sendiri. Penilaian tersebut dianalisis menggunakan Pearson Product Moment dalam IBM SPSS 20 untuk Windows. Sementara itu kuesioner siswa digunakan untuk mengetahui sikap siswa terhadap penerapan penilaian diri sendiri dan penilaian teman sejawat. Ada tiga hasil penemuan utama yang berkaitan dengan hubungan antara penilaian diri sendiri penilaian teman sejawat dan penilaian guru di kelas berbicara diantaranya (1) ada korelasi signifikan positif diantara penilaian diri sendiri dan penilaian teman sejawat (nilai p .049) dengan korelasi koefisien yang rendah (nilai r .390) (2) ada korelasi signifikan positif diantara penilaian diri sendiri dan penilaian guru (nilai p .005) dengan korelasi koefisien yang sedang (nilai r .538) (3) ada korelasi signifikan positif diantara penilaian teman sejawat dan penilaian guru (nilai p .000) dengan korelasi koefisien yang sangat kuat (nilai r .807). Berkaitan dengan sikap siswa-siswi lebih dari 75% dari siswa menunjukan presepsi yang positif dalam semua aspek di kuesioner siswa. Berdasarkan hasil pada penelitian ini beberapa saran ditujukan untuk guru-guru bahasa Inggris dan peneliti-peneliti di masa depan. Untuk guru Bahasa Inggris disarankan jika mereka mengembangkan sebuah penilaian rubrik berbicara yang jelas dan bisa dipahami berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Hal yang juga penting untuk memberikan penjelasan pada setiap kriteria dalam rubrik penilaian berbicara yang diikuti oleh contoh-contoh nyata yang diambil dari siswa-siswi dan memberikan pelatihan sebagai latihan berulang yang membantu siswa-siswi untuk melakukan penilaian diri sendiri dan penilaian teman sejawat dengan lebih tepat. Untuk peneliti-peneliti di masa depan disarankan jika mereka mengambil sampel yang lebih besar dari sekolah yang berbeda. Selain itu penggunaan lebih banyak instrumen-instrumen untuk pengumpulan data seperti wawancara terhadap guru dan siswa juga akan membantu peneliti-peneliti di masa depan untuk pemahaman yang lebih mengenai bagaimana penilaian diri sendiri dan penilaian teman sejawat bisa bermanfaat untuk pelajar bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item